Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dan permainan ular tangga pada mata pelajaran ips Kelas iv sd
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dan permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD, (2) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dan permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD, dan (3) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dan permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development (R&D). Desain yang digunakan adalah desain pengembangan menurut Borg and Gall yang terdiri dari penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk, revisi produk, uji coba produk, produk akhir siap digunakan. Sumber data dalam penelitian ini adalah para ahli yaitu dosen Universitas Muria Kudus, guru dan siswa kelas IV. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan angket validasi ahli, tanggapan guru, dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Media pembelajaran interaktif di ujicobakan di 5 SD wilayah Kecamatan Jati. Untuk mengatasi kesulitan siswa memahami materi pembelajaran IPS maka dibutuhkan media pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis PBL dan permainan ular tangga yang dibuat menggunakan Microsoft Powerpoint. Produk dikemas dalam bentuk CD atau soft file dilengkapi dengan buku panduan penggunaan. Media pembelajaran interaktif ini bisa dimainkan di Komputer, laptop, dan HP Android. Penerapan PBL dalam media berupa kegiatan ayo amati, ayo membaca, ayo berpikir, ayo berkarya dan ayo kaji ulang. Penerapan permainan ular tangga diwujudkan berupa latihan soal yang cara mengerjakannya mengadopsi langkah-langkah permainan pada permainan ular tangga. Media pembelajaran interaktif berbasis PBL dan permainan ular tangga terbukti layak digunakan dengan melihat hasil validasi ahli materi, validasi ahli media, validasi ahli bahasa dan validasi praktisi lapangan berturut-turut 97,50 %, 96,67 %, 92,50 %, 77,86% dengan rata-rata persentase kelayakan mencapai 91,13%. Kelayakan produk juga dilihat berdasarkan hasil ujicoba lapangan yang menunjukkan respon guru dan respon siswa berturut-turut 89,28 % dan 81,06 % dengan rata-rata persentase sebesar 85,17 %. Media pembelajaran interaktif ini layak digunakan pada mata pelajaran IPS dan dapat dikembangkan untuk mata pelajaran dan materi pembelajaran lain.