ctrlnum 14359
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/14359/</relation><title>Penerapan model numbered head together berbantuan media &#xD; Papan peta budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas iv sd n pohgading</title><creator>ARINDITA, MU&#x2019;ARIFATUN NI&#x2019;MAH</creator><subject>Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar</subject><description>Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Numbered Head Together Berbantuan Media Papan peta budaya dan Mengemukakan Hasil Belajar Siswa Muatan Bahasa Indonesia Dan PPKn Pada Kelas IV SDN Pohgading.&#xD; Hasil belajar adalah hasil yang dicapai oleh peserta didik setelah melakukan serangkaian proses pembelajaran. Numbered Head Together adalah suatu model pembelajaran secara berkelompok yang mencoba membuat siswa untik lebih aktif dan berkerjasama dengan teman satu kelompoknya untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Numbered Head Together berbantuan media Papan peta budaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengar siswa tema indahnya keragaman di negeriku muatan Bahasa indonesia dan PPKn pada kelas IV SDN Pohgading.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan di kelas IV SDN Pohgading dengan subjek 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahap perencannan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas model Numbered Head Together berbantuan media Papan peta budaya sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentsi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan kuntitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran tema 7 indahnya keberagaman di Negeriku melalu penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Papan peta budaya kelas IV SDN Pohgading Pati meningkat setiap siklusnya. Persentase hasil belajar siswa aspek pengetahuan muatan Bahasa Indonesia siklus I 63,15% (cukup) meningkat siklus II 84,21% (baik), muatan PPKn siklus I 73,68% (cukup) meningkat siklus II 89,47 (sangat baik), hasil belajar aspek sikap siklus I 66,44% (kurang) meningkat siklus II 78.48% (baik), hasil belajar siswa aspek keterampilan siklus I 69,92% (cukup) meningkat siklus II 77,62 (baik). Keterampilan guru siklus I 70% meningkat siklus II 80% (baik).&#xD; Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas Penerapan Model Numbered Head Together Berbantuan Media Papan peta budaya Kelas IV SDN Pohgading terbukti meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku.</description><date>2020-09</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14359/1/HAL%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14359/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14359/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14359/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14359/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14359/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14359/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14359/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ARINDITA, MU&#x2019;ARIFATUN NI&#x2019;MAH (2020) Penerapan model numbered head together berbantuan media Papan peta budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas iv sd n pohgading. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>14359</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ARINDITA, MU’ARIFATUN NI’MAH
title Penerapan model numbered head together berbantuan media Papan peta budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas iv sd n pohgading
publishDate 2020
topic Tes
pengukuran
dan evaluasi belajar
url http://eprints.umk.ac.id/14359/1/HAL%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14359/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14359/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14359/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14359/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14359/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14359/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14359/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14359/
contents Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Numbered Head Together Berbantuan Media Papan peta budaya dan Mengemukakan Hasil Belajar Siswa Muatan Bahasa Indonesia Dan PPKn Pada Kelas IV SDN Pohgading. Hasil belajar adalah hasil yang dicapai oleh peserta didik setelah melakukan serangkaian proses pembelajaran. Numbered Head Together adalah suatu model pembelajaran secara berkelompok yang mencoba membuat siswa untik lebih aktif dan berkerjasama dengan teman satu kelompoknya untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Numbered Head Together berbantuan media Papan peta budaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengar siswa tema indahnya keragaman di negeriku muatan Bahasa indonesia dan PPKn pada kelas IV SDN Pohgading. Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan di kelas IV SDN Pohgading dengan subjek 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahap perencannan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas model Numbered Head Together berbantuan media Papan peta budaya sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentsi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan kuntitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran tema 7 indahnya keberagaman di Negeriku melalu penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Papan peta budaya kelas IV SDN Pohgading Pati meningkat setiap siklusnya. Persentase hasil belajar siswa aspek pengetahuan muatan Bahasa Indonesia siklus I 63,15% (cukup) meningkat siklus II 84,21% (baik), muatan PPKn siklus I 73,68% (cukup) meningkat siklus II 89,47 (sangat baik), hasil belajar aspek sikap siklus I 66,44% (kurang) meningkat siklus II 78.48% (baik), hasil belajar siswa aspek keterampilan siklus I 69,92% (cukup) meningkat siklus II 77,62 (baik). Keterampilan guru siklus I 70% meningkat siklus II 80% (baik). Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas Penerapan Model Numbered Head Together Berbantuan Media Papan peta budaya Kelas IV SDN Pohgading terbukti meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku.
id IOS3090.14359
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:10:23Z
last_indexed 2023-02-26T07:10:23Z
recordtype dc
_version_ 1765996427964579840
score 17.13294