ctrlnum 14332
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/14332/</relation><title>Penerapan model think pair share dan mind mapping berbantu compact disc pembelajaran&#xD; Untuk meningkatkan pemahamannilai - nilai pancasila di kelas vi sekolah dasar</title><creator>CAHYONO, AHMAD DWI</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><subject>Aspek-aspek khusus pendidikan</subject><description>Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemehaman siswa pada nilai-nilai pancasila, oleh sebab itu diperlukan model pembelajajran untuk meningkatkan pemahaman siswa pada nilai pancasila yaitu pembelajaran model mind mapiing dan Think Pair Share tang berbantu CD pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) Menemukan adanya peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila peserta didik setelah penerapan Think Pair Share berbantu CD pembelajaran, (2) Menemukan adanya peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila peserta didik setelah penerapan model Mind Mappingberbantu CD pembelajaran, (3) Menemukan adanya perbedaan peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila di kelas VIsekolah dasar antara model Think Pair Share berbantu CD pembelajaran dan model Mind Mapping berbantu CD pembelajaran&#xD; Penelitian ini menggunakan non equivalent pretest posttest control group design, Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak dengan sampel 5 SD. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Think Pair Share dan mind maping berbantu CD pembelajarandan model Mind Maping berbantu CD pembelajaran, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman nilai-nilai pancasila. Tehnik pengumpulan data adalah tes, observasi dan wawancara. Tehnik analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat amalisis, dan uji hipotesis menggunakan uji t. dan N-gain&#xD; Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila dengan penerapan model Think Pair Share berbantu CD pembelajaran terhadap di kelas VI sekolah dasarkarena t hitung sebesar 5,204 maka 5,204 &gt; 1, 9879 sehingga thitung &gt; ttabel. 2) terdapat peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila dengan penerapan model Mind Mapping berbantu CD pembelajaran terhadap di kelas VI sekolah dasar. berdasarkan hasil t hitung sebesar 9.646 maka 9.646 &gt; 1, 9879 sehingga thitung &gt; ttabel. 3) terdapat peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila dengan penerapan model Think Pair Share dan Mind Mapping berbantu CD pembelajaran terhadap di kelas VI sekolah dasar. berdasarkan hasil t hitung sebesar 4.855maka Think Pair Share 4.855&gt; 1, 9876sehingga thitung &gt; ttabel. sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dan Mind Mapping berbantu CD pembelajaran dapat meningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila di kelas VI sekolah dasar. &#xD; Kesimpulannya adalah pembelajaran model Mind Mapping dan Think Pair Share berbantu CD pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman nilai-nilai pancasila pada siswa di kelas VI SD Kecamatan wonosalam Kabupaten Demak. Saran berdasarkan hasil penelitian adalah guru hendaknya menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Mind Mapping berbantu CD pembelajaran utnuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai pancasila</description><date>2020</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14332/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14332/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14332/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14332/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14332/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14332/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14332/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14332/8/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> CAHYONO, AHMAD DWI (2020) Penerapan model think pair share dan mind mapping berbantu compact disc pembelajaran Untuk meningkatkan pemahamannilai - nilai pancasila di kelas vi sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>14332</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author CAHYONO, AHMAD DWI
title Penerapan model think pair share dan mind mapping berbantu compact disc pembelajaran Untuk meningkatkan pemahamannilai - nilai pancasila di kelas vi sekolah dasar
publishDate 2020
topic Teori dan praktek pendidikan
Aspek-aspek khusus pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/14332/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14332/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14332/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14332/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14332/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14332/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14332/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14332/8/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14332/
contents Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemehaman siswa pada nilai-nilai pancasila, oleh sebab itu diperlukan model pembelajajran untuk meningkatkan pemahaman siswa pada nilai pancasila yaitu pembelajaran model mind mapiing dan Think Pair Share tang berbantu CD pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) Menemukan adanya peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila peserta didik setelah penerapan Think Pair Share berbantu CD pembelajaran, (2) Menemukan adanya peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila peserta didik setelah penerapan model Mind Mappingberbantu CD pembelajaran, (3) Menemukan adanya perbedaan peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila di kelas VIsekolah dasar antara model Think Pair Share berbantu CD pembelajaran dan model Mind Mapping berbantu CD pembelajaran Penelitian ini menggunakan non equivalent pretest posttest control group design, Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak dengan sampel 5 SD. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Think Pair Share dan mind maping berbantu CD pembelajarandan model Mind Maping berbantu CD pembelajaran, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman nilai-nilai pancasila. Tehnik pengumpulan data adalah tes, observasi dan wawancara. Tehnik analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat amalisis, dan uji hipotesis menggunakan uji t. dan N-gain Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila dengan penerapan model Think Pair Share berbantu CD pembelajaran terhadap di kelas VI sekolah dasarkarena t hitung sebesar 5,204 maka 5,204 > 1, 9879 sehingga thitung > ttabel. 2) terdapat peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila dengan penerapan model Mind Mapping berbantu CD pembelajaran terhadap di kelas VI sekolah dasar. berdasarkan hasil t hitung sebesar 9.646 maka 9.646 > 1, 9879 sehingga thitung > ttabel. 3) terdapat peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila dengan penerapan model Think Pair Share dan Mind Mapping berbantu CD pembelajaran terhadap di kelas VI sekolah dasar. berdasarkan hasil t hitung sebesar 4.855maka Think Pair Share 4.855> 1, 9876sehingga thitung > ttabel. sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dan Mind Mapping berbantu CD pembelajaran dapat meningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila di kelas VI sekolah dasar. Kesimpulannya adalah pembelajaran model Mind Mapping dan Think Pair Share berbantu CD pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman nilai-nilai pancasila pada siswa di kelas VI SD Kecamatan wonosalam Kabupaten Demak. Saran berdasarkan hasil penelitian adalah guru hendaknya menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Mind Mapping berbantu CD pembelajaran utnuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai pancasila
id IOS3090.14332
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:10:23Z
last_indexed 2023-02-26T07:10:23Z
recordtype dc
_version_ 1765996427864965120
score 17.13294