English teachers’ perceptions toward teaching vocabulary using real object In smp 1 kaliwungu kudus
Main Author: | INAWATI, IIN |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/14328/1/HAL.JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/14328/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/14328/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/14328/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/14328/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/14328/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/14328/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/14328/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/14328/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/14328/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan teori Piaget, anak-anak berusia sekitar 12 tahun atau operasional konkrit berkurang kemampuannya jika tanpa benda fisik, mereka akan kesulitan dalam mengerjakan tugas logika. Berdasarkan teori tersebut, guru bahasa inggris di SMP 1 Kaliwungu Kudus sudah terbiasa menggunakan media yang menarik objek nyata untuk membantu guru dalam kegiatan mengajar dan dapat menjadi titik strategi menarik guru dalam kegiatan kosa kata Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui persepsi guru Bahasa Inggris terhadap pengajaran kosa kata menggunakan objek nyata di SMP 1 Kaliwungu Kudus menurut keunggulan penggunaan objek nyyata, penerapan objek nyata, dan kesempatan siswa dalam menggunakan objek nyata. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 4 guru bahasa Inggris di SMP 1 Kaliwungu Kudus. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuesioner, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner, dan wawancara tentang pengajaran kosa kata menggunakan objek nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanyaan yang diberikan oleh peneliti akan dikategorikan ke dalam tiga aspek persepsi guru bahasa Inggris terkait dengan kosa kata pengajaran menggunakan objek nyata. Yang pertama adalah kelebihan menggunakan objek nyata, menunjukkan bahwa (48% dari 100%, total sangat setuju dan setuju jawaban). Jadi, keuntungan menggunakan objek nyata berguna dalam aspek menghafal kosakata siswa, aspek pelafalan, strategi yang menarik bagi guru dan media yang menarik untuk berbagi kosakata,. Aspek kedua adalah penerapan objek nyata, menunjukkan bahwa (45% dari 100%, jawaban yang sangat setuju dan setuju). Jadi, penerapan objek nyata dapat menggunakan benda-benda dapat memungkinkan siswa untuk menghubungkan antara kehidupan mereka sendiri ketika mereka memahami konsep dan ide-ide baru. Aspek terakhir adalah kesempatan siswa menggunakan objek nyata, menunjukkan bahwa (41% dari 100%, jawaban yang sangat setuju dan setuju). Mereka menikmati dan tertarik belajar kosa kata, siswa lebih mudah mengingat kosa kata baru dan siswa mudah memahami kosa kata. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa persepsi guru bahasa inggris terhadap objek nyata yaitu berguna dalam aspek mengingat, aspek pengucapan, media yang menarik yang bisa diterapkan dalam kelas dan siswa bisa menghubungkan antara kehidupannya dengan yang dirasakannya. Peneliti berharap media objek nyata dapat diterapkan di pembelajaran kosa kata dan pihak sekolah dapat menambahkan media objek nyata untuk guru gunakan.