Pengaruh model problem based learning berbantuan media ankitar terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas v sdn 1 tigajuru
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa aspek pengetahuan yang disebabkan karena kurangnya inovasi dalam pembelajaran diantaranya guru belum sepenuhnya menggunakan model pembelajaran atau masih menggunakan model konvensional dan tidak menggunakan media pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini yaitu menguji perbedaan rata-rata hasil belajar aspek pengetahuan dan aktivitas siswa kelas V SDN 1 Tigajuru yang diajar menggunakan model PBL berbantuan media ANKITAR. Hasil belajar siswa dalam penelitian ini yaitu hasil belajar pada aspek pengethauan dan aktivitas belajar siswa pada aspek keterampilan. Model PBL menekankan siswa aktif menyelesaikan masalah dan aktif berdiskusi bersama temannya. Sedangkan media ANKITAR menggunakan Android yang mempunyai inovasi baru terhadap siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga siswa tidak mudah jenuh dan monoton saat pembelajaran. Jenis penelitin ini adalah Pre Experimental Design dengan bentuk desain One Group Pretest- Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Tigajuru. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model PBL berbantuan media ANKITAR sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar siswa aspek pengetahuan dan aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji-t (Paried Simple T- Test). Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan media ANKITAR dengan nilai sig 0,000. Sedangkan untuk aktivitas terdapat rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan media ANKITAR dengan nilai sig 0,000. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan media ANKITAR berpengaruh bagi hasil belajar siswa dan aktivitas siswa kelas V di SDN 1 Tigajuru.