Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola kebiasaan perilaku akademik pada diskusi pembelajaran siswa kelas 4 SD 5 Karangbener yang terdiri dari 24 siswa dengan mengambil subjek siswa dan guru kelas. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif. Pembelajaran di kelas IV SD 5 Karangbener menggunakan metode diskusi untuk kegiatan pembelajaran sehari-harinya. Hasil analisis terhadap perilaku akademik siswa selama diskusi pembelajaran menemukan temuan beberapa klasifikasi perilaku siswa saat berdiskusi diantaranya berdoa sebelum pelajaran dimulai, memperhatikan penjelasan guru, membuat ringkasan materi, tepat waktu dalam mengerjakan tugas, ikut berpartisipasi dalam diskusi, berani mengungkapkan pendapat, menghargai pendapat siswa lain, menulis hasil diskusi, menyampaikan hasil diskusi dengan percaya diri, rajin membaca, semangat dalam mengikuti pembelajaran, konsentrasi saat pembelajaran berlangsung, rajin mengerjakan latihan soal, berani bertanya ketika mendapatkan kesulitan saat mengerjakan latihan soal. Perilaku akademik siswa kelas IV SD 5 Karangbener termasuk dalam interprestasi sangat baik dengan indikator perilaku yang telah ditemukan berdasarkan data lapangan. Metode diskusi memberikan dampak positif akademik siswa yang dapat ditinjau dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.