Penerapan model make a match berbantuan media permainan codaka untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 cita-citaku di kelas iv sdn sambung
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dalam penerapan model make a match berbantuan media permainan codaka tema 6 cita-citaku di kelas IV SDN Sambung, Model make a match adalah model pembelajaran kooperatif yang dilakukan oleh 2 kelompok, satu kelompok mendapatkan kartu soal dan kelompok lain mendapatkan kartu jawaban. Media permainan codaka adalah media permainan yang mengkombinasikan antara permainan tradisional congklak dan kartu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas. serta menggunakan model penelitian dari Kemis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sambung. Variabel bebas penelitian yaitu model make a match berbantuan media permainan codaka. Variabel terikat penelitian ialah hasil belajar tema 6 Cita-Citaku. Penelitian ini dilaksakan selama dua siklus. Setiap siklus dalam penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN Sambung berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi. Data kualitatif berupa observasi keterampilan guru dan observasi keterampilan dan sikap siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar tema 6 cita-citaku dan keterampilan guru. Hasil belajar ranah pengetahuan terdapat dua muatan yaitu bahasa Indonesia dan ilmu pengetahuan sosial. Hasil belajar bahasa Indonesia siklus I memperoleh persentase 52% dan siklus II memperoleh 78%. Pada ilmu pengetahuan sosial, hasil belajar siklus I memperoleh persentase 57% sedangakan siklus II memperoleh 83%. Hasil belajar ranah sikap siklus 1 memperoleh persentase 52,2% sedangkan siklus II memperoleh 78,2%. Hasil belajar siswa ranah keterampilan memperoleh persentase 48,0% sedangkan siklus II 78,2%. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase 76,9% sedangkan siklus II 84,3%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kelas IV SDN Sambung, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar tema 6 cita-citaku melalui penerapan model make a match berbantuan media permainan codaka.