Penerapan model contextual teaching and learning berbantuan media lempar karet pengetahuan untuk peningkatan berpikir kritis pada tema 6 Cita-citaku kelas iv sd 2 tenggeles kudus
Main Author: | SETYAWATI, DWI HESTI LILIS |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/14248/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/14248/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/14248/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/14248/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/14248/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/14248/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/14248/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/14248/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/14248/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru dalam proses pembelajaran melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Leker (Lempar Karet) Pengetahuan pada Tema 6 Cita-citaku Kelas IV SD 2 Tenggeles. Berpikir kritis merupakan kemampuan menafsirkan, mengidentifikasi, dan menganalisis suatu gagasan maupun informasi yang diterima kemudian dibandingkan kebenarannya dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya sehingga mampu menarik kesimpulan dengan tepat. Contextual Teaching and Learning merupakan suatu konsep yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata, sehingga siswa mampu menerapkan pengetahuan yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari. Media Leker Pengetahuan adalah media konkret yang divisualkan dan dibuat menjadi sebuah permainan lempar karet yang terbuat dari kayu. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Lempar Karet Pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada Tema 6 Cita-citaku kelas IV SD 2 Tenggeles. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis siswa, lembar observasi keterampilan guru, dan lembar aktivitas siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan berpikir kritis siswa pada tema 6 cita-citaku dari siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal 68,42% ke siklus II mencapai 84,21% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I mendapatkan 67 dan pada siklus II mendapatkan 78. Peningkatan juga terjadi pada skor rata-rata keterampilan mengajar guru siklus I mencapai 74, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantuan media Lempar Karet Pengetahuan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru pada tema 6 cita-citaku kelas IV SD 2 Tenggeles.