Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan ketrampilan guru, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan meningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Kedungsari ajaran 2019/2020 menggunakan model Numbered Head Together berbantuan media Puzzle pada muatan pelajaran IPS materi sumber daya alam dan muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi. Model Numbered Head Together adalah salah satu model pembelajaran kooperatif, dimana setiap siswa diberi nomor kepala. Puzzle adalah salah satu media permainan edukasi menyusun gambar. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 5 Kedungsari dengan subjek penelitian 18 siswa dan guru. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilaksanakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru menunjukkan peningkatan pada siklus I sampai siklus II meningkat 25%. Keaktifan belajar siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat 21,33%. Ketuntasan klasikal hasil belajar IPS ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,78%. Ketuntasan klasikal hasil belajar Bahasa Indonesia ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,77%. Ketuntasan hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I sampai siklus II meningkat 23,19%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Numbered Head Together berbantuan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Kedungsari.