Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kedisiplinan belajar siswa Kelas IV di SD Negeri Pogading. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pelanggaran kedisiplinan belajar yang dilakukan oleh siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran.Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan berebentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut di tampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seseorang di perlihatkan dalam bentuk bertambahnya kualitas dan kuantitas kemampuan orang itu dalam suatu bidang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek yaitu siswa kelas IV SD Negeri Pogading. Pada pengumpulan data,peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan metode triangulasi. Dari hasil penelitian yang sudah penelitian lakukan dapat di tarik kesimpulan bahwa kedisiplinan siswa masih rendah karena masih terdapat beberapa pelanggaran yaitu: gaduh pada saat jam pelajaran, mengganggu temannya, tidak memakai sepatu pada saat jam pelajaran, membuang sampah tidak pada tempatnya, memakai kerudung bercorak dan bewarna biru,membaca materi lain pada saat jam pelajaran, tidak memakai ikat pinggang, buku dan alat tulis di tinggal di atas bangku pada saat pulang sekolah.