Penerapan model time token berbantuan media kartu kuartet untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas iv sd n tlogoharum 01

Main Author: AMALIA, FAIZ
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/14243/1/Hal.%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14243/2/BAB%201.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14243/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14243/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14243/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14243/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14243/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14243/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar siswa Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD N Tlogoharum 01 tahun ajaran 2019/2020. Model pembelajaran time token adalah model pembelajaran dengan mengajak siswa aktif mengungkapkan pendapatnya tanpa merasa malu dan takut serta bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa sehingga tepat digunakan dalam proses pembelajaran. Media kartu kuartet adalah suatu permainan kartu yang teridiri dari tulisan dan gambar dengan tema yang telah ditentukan serta dimainkan oleh 2 sampai 4 pemain. Hasil belajar adalah hasil dari suatu interaksi kemampuan yang dimiliki oleh siswa, baik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Subjek penelitian ini berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus.Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Validitas dan reliabilitas digunakan peneliti untuk menguji kelayakan dari soal tes yang digunakan. Hasil penelitian siklus I keterampilan mengajar guru mencapai skor 75 persentase ketuntasan 75% dengan kriteria “baik” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi skor 94 persentase ketuntasan 94% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa ranah kognitif pada siklus I mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 69 ketuntasan klasikal 58% dan pada siklus II meningkat menjadi 77 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78%. Hasil belajar IPS siswa ranah kognitif pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73 ketuntasan klasikal 65% dan pada siklus II meningkat menjadi 82 ketuntasan klasikal, yaitu 85%. Hasil belajar ranah psikomotorik siswa siklus I memperoleh skor 216 dengan persentase 65% kriteria “cukup” dan siklus II meningkat menjadi skor 218 dengan persentase 85% kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di kelas IV SD N Tlogoharum 01, disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar tema 7 indahnya keragaman di negeriku melalui model time token berbantuan media kartu kuartet pada siswa kelas IV SD N Tlogoharum 01.