Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi yang diajarkan Indahyna keragaman di Negeriku yang meliputi suku bahasa, adat dan pakaian adat di Indonesia melalui model Inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus, dengan pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan nontes yang terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitafif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa ang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model inkuiri berbantuan media kotak berpikir Indonesia pada tema 7 kelas IV SD Negeri Karanganar 2 pada hasil tes prasiklus menunjukan presentase ketuntasan klasikal 66,92% mengalami peningkatan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 74,32% dan pada siklus II mengalami kenaikan yang signifikan dengan rata-rata perolehan skor sebesar 85,24%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri berbantuan media kotak berpikir Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada tema 7.