Pengembangan modul pembelajaran tema 1 berbasis literasi digital untuk siswa kelas vi sekolah dasar
Main Author: | SUPRIHATI, SUPRIHATI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/14215/1/COVER.pdf http://eprints.umk.ac.id/14215/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/14215/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/14215/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/14215/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/14215/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/14215/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/14215/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/14215/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan bahan ajar dalam pembelajaran tematik di kelas VI sekolah dasar, (2) mengembangkan modul pembelajaran tema 1 berbasis literasi digital untuk siswa kelas VI sekolah dasar, (3) menganalisis kelayakan modul pembelajaran tema 1 berbasis literasi digital untuk siswa kelas VI sekolah dasar, (4) menganalisis tingkat kemenarikan modul pembelajaran tema 1 berbasis literasi digital untuk siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan memodifikasi 10 langkah menurut Sugiyono yaitu : potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk,dan produk masal. Pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket validasi ahli materi, angket validasi ahli desain, angket validasi praktisi pendidikan, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif untuk mengetahui kelayakan dan tingkat kemenarikan produk. Desain pengembangan modul pembelajaran tema 1 berbasis literasi digital ini memiliki langkah-langkah: (1) menganalisis silabus, (2) menetapkan tujuan, (3) menetapkan komponen modul, yang terdiri a) Pendahuluan: judul, kata pengantar, daftar isi, deskripsi, kompetensi inti, dan kompetensi dasar; b) pembelajaran, terdiri: tujuan pembelajaran, peta konsep, uraian materi, latihan aspek pengetahuan dan ketrampilan; c) penutup, terdiri: penilaian aspek pengetahuan, rubrik penilaian ketrampilan, dan daftar pustaka (4) menetapkan materi, (5) menetapkan tugas dan latihan, (6) menetapkan evaluasi, dan (7) merumuskan kunci jawaban terbukti sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas VI. Ujicoba produk diberikan kepada 10 siswa SDN karanganyar 2, sedangkan ujicoba pemakaian diberikan kepada 30 siswa dari sekolah-sekolah di gugus Nusantara. Validasi ahli materi, ahli desain bahan ajar, dan praktisi pendidikan berturut-turut sebesar 98%, 78,75%, dan 91% dengan rata-rata kelayakan sebesar 89,25%. Ujicoba produk, ujicoba pemakaian sebesar 80,4% dan 80,86%. Rata-rata respon siswa terhadap kemenarikan modul sebesar 80,63% dengan kategori sangat menarik.