Pengaruh model discovery learning berbantuan media baku sistematis terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas v sekolah dasar
Main Author: | BUDI, DIAN SETYO |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/14212/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/14212/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/14212/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/14212/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/14212/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/14212/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/14212/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/14212/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/14212/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan keaktifan belajar saat belajar matematika. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas yang diajarkan dengan model Discovery Learning berbantuan media baku sistematis lebih baik daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan model langsung (2) menguji kemampuan pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan model Discovery Learning berbantuan media baku sistematis mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM); (3) menguji proporsi siswa yang tuntas mengikuti pembelajaran matematika dengan model Discovery Learning berbantuan media baku sistematis lebih baik daripada proporsi siswa yang tuntas mengikuti pembelajaran matematika dengan model langsung (4) menguji pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep dengan model Discovery Learning berbantuan media baku sistematis. Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif eksperimen dengan tipe The nonequivalent posttest-only control group desain. Populasi penelitian semua siswa kelas V SD Sekecamatan Sukolilo bagian Selatan. Sampel dipilih dengan teknik cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Kuwawur 02 sebagai kelas eksperimen dengan model Discovery Learning berbantuan media baku sistematis dan SD Kuwawur 01 sebagai kelas kontrol dengan model langsung. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes pemahaman konsep matematis dan observasi keaktifan belajar. Analisis statistik deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini meliputi uji t dua sampel independen, uji t satu sampel, uji proporsi dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol (2) Kemampuan pemahaman konsep matematika kelas eksperimen mencapai KKM yaitu 70. (3) Proporsi siswa yang tuntas kelas eksperimen tidak lebih baik dari kelas kontrol. (4) Keaktifan belajar berpengaruh secara positif sebesar 69,8% terhadap kemampuan pemahaman konsep dikelas eksperimen. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Baku Sistematis dan keaktifan belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V Sekolah Dasar pada materi volum balok dan kubus. Adapun saran pada penelitian ini model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media baku sistematsis dapat digunakan guru-guru untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis.