Pengaruh model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan media kapindo untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada tema 6 cita-citaku kelas iv sd

Main Author: ROSIDAH, LINA
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/14209/1/Hal.%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/8/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/
ctrlnum 14209
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/14209/</relation><title>Pengaruh model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan media kapindo untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada tema 6 cita-citaku kelas iv sd</title><creator>ROSIDAH, LINA</creator><subject>Pendidikan dasar</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya berpikir kritis siswa, sehingga peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO dalam proses pembelajarannya. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO, menganalisis peningkatan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan dan keterampilan secara individu dan klasikal dengan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO.&#xD; Berpikir kritis adalah kegiatan dalam menganalisis sebuah ide secara logis dan sistematis, untuk membantu mengambil keputusan tentang apa yang diyakini sehingga berhasil memecahkan masalah yang dihadapi. Model pembelajaran SAVI memiliki arti bahwa belajar harus memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa. Model pembelajaran SAVI ini dipadukan dengan media KAPINDO. KAPINDO merupakan kepanjangan dari &#x201C;Kantong Pintar Doraemon&#x201D;. Media ini dibuat dalam bentuk doraemon dengan ukuran besar, dibagian tubuh doraemon akan ada 6 kantong didalamnya berisi sebuah pengetahuan yang terdiri dari puzzle dan soal. &#xD; Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one-group pretest-postest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 1 Pelemkerep Jepara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO, sedangkan variabel terikatnya adalah berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji z dan uji n-gain. Hasil penelitian mendapatkan bahwa (1) berpikir kritis siswa aspek pengetahuan setelah diterapkan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO lebih baik dibandingakan sebelum diberi perlakuan. Hal ini terlihat dari nilai Zhitung -4,16 &lt; -Ztabel -1,96. (2) penggunaan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO dapat meningkatkan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan dan keterampilan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai gain aspek pengetahuan secara klasikal dengan nilai 0,3673 kategori sedang, sedangkan secara individu peningkatan dengan tingkat paling tinggi sebesar 0%, sedang sebesar 79,5% dengan jumlah 31 siswa, dan rendah sebesar 20,5% dengan jumlah 8. Dan nilai gain aspek keterampilan secara klasikal dengan nilai 0,5186 kategori sedang, sedangkan secara individu peningkatan dengan tingkat paling tinggi sebesar 12,8% dengan jumlah 5 siswa, sedang sebesar 79,5% dengan jumlah 31 siswa, dan rendah sebesar 7,7% dengan jumlah 3 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO berpengaruh untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada Tema 6 Cita-Citaku kelas IV SD, dengan hasil ini bisa dijadikan referensi oleh pendidik dalam melakukan pembelajaran.</description><date>2020-08</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14209/1/Hal.%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14209/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14209/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14209/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14209/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14209/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14209/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14209/8/Lampiran.pdf</identifier><identifier> ROSIDAH, LINA (2020) Pengaruh model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan media kapindo untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada tema 6 cita-citaku kelas iv sd. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>14209</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ROSIDAH, LINA
title Pengaruh model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan media kapindo untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada tema 6 cita-citaku kelas iv sd
publishDate 2020
topic Pendidikan dasar
url http://eprints.umk.ac.id/14209/1/Hal.%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/8/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14209/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya berpikir kritis siswa, sehingga peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO dalam proses pembelajarannya. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO, menganalisis peningkatan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan dan keterampilan secara individu dan klasikal dengan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO. Berpikir kritis adalah kegiatan dalam menganalisis sebuah ide secara logis dan sistematis, untuk membantu mengambil keputusan tentang apa yang diyakini sehingga berhasil memecahkan masalah yang dihadapi. Model pembelajaran SAVI memiliki arti bahwa belajar harus memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa. Model pembelajaran SAVI ini dipadukan dengan media KAPINDO. KAPINDO merupakan kepanjangan dari “Kantong Pintar Doraemon”. Media ini dibuat dalam bentuk doraemon dengan ukuran besar, dibagian tubuh doraemon akan ada 6 kantong didalamnya berisi sebuah pengetahuan yang terdiri dari puzzle dan soal. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one-group pretest-postest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 1 Pelemkerep Jepara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO, sedangkan variabel terikatnya adalah berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji z dan uji n-gain. Hasil penelitian mendapatkan bahwa (1) berpikir kritis siswa aspek pengetahuan setelah diterapkan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO lebih baik dibandingakan sebelum diberi perlakuan. Hal ini terlihat dari nilai Zhitung -4,16 < -Ztabel -1,96. (2) penggunaan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO dapat meningkatkan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan dan keterampilan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai gain aspek pengetahuan secara klasikal dengan nilai 0,3673 kategori sedang, sedangkan secara individu peningkatan dengan tingkat paling tinggi sebesar 0%, sedang sebesar 79,5% dengan jumlah 31 siswa, dan rendah sebesar 20,5% dengan jumlah 8. Dan nilai gain aspek keterampilan secara klasikal dengan nilai 0,5186 kategori sedang, sedangkan secara individu peningkatan dengan tingkat paling tinggi sebesar 12,8% dengan jumlah 5 siswa, sedang sebesar 79,5% dengan jumlah 31 siswa, dan rendah sebesar 7,7% dengan jumlah 3 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO berpengaruh untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada Tema 6 Cita-Citaku kelas IV SD, dengan hasil ini bisa dijadikan referensi oleh pendidik dalam melakukan pembelajaran.
id IOS3090.14209
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:10:15Z
last_indexed 2023-02-26T07:10:15Z
recordtype dc
_version_ 1765996426922295296
score 17.13294