ctrlnum 14138
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/14138/</relation><title>Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sd 2 gondoharum pada&#xD; Tema indahnya keragaman di negeriku menggunakan model&#xD; Problem solving berbantuan media &#xD; Ultangklek</title><creator>ASTUTI, DITA DWI</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran melalui model Problem Solving berbantuan media ular tangga engklek pada tema 7 Indahnya keragaman di Negeriku SubTema 1 dan 2 kelas IV SDN 2 Gondoharum. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model Problem Solving berbantuan media Ular tangga engkelk pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku SubTema 1 dan 2 kelas IV SDN 2 Gondoharum.&#xD; Hasil belajar merupakan hal yang didapatkan siswa selama melaksanakan kegiatan belajar mengajar, setelah siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang mencakup ranah kognitif (pengetahuan), ranah afektif (sikap), dan ranah psikomotorik (keterampilan). Model pembelajaran Problem Solving merupakan suatu keterampilan pemecahan masalah yang meliputi kemampuan untuk mencari informasi, menganalisis situasi dan mengidentifikasi masalah dengan tujuan untuk menghasilkan alternatif sehingga dapat mengambil suatu tindakan agar siswa dapat memcahkan permasalahan yang ada. Media Ular Tangga Engklek, merupakan salah satu media yang dapat memberikan manfaat untuk anak yang sulit belajar, karena media ular tangga merupakan media permainan yang dapat dimainkan oleh siswa, siswa diarahkan bermain sambil belajar, dala permainan ular tangga siswa nantinya akan diberikan kartu soal dan siswa diminta untuk memecahkan permaslahan sesuai yang ada pada kartu secara berkelompok, kartu soal berisi mengenai materi nonfiksi dan keragaman di Negeriku, dalam bermain media ular tangga siswa diajarkan untu bisa berani menjawab, berani memecahkan permasalahan yang terdapat pada kartu soal. Nantinya mampu memancing siswa dalam meingkatkan hasil belajar yang bisa dilakukan dengan bermain sambil belajar.&#xD; Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 2 Gondoharum kecamatan Jekulo Kabupaten Kudusyang terdiri dari 19 siswa, 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes diuji Validitasnya menggunakan Validitas Expert Judgment. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisiskuantitatif dan kualitatif.</description><date>2020</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14138/1/Halaman%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14138/2/Bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14138/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14138/4/Bab%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14138/5/Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14138/6/Bab%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14138/7/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14138/8/Lampiran.pdf</identifier><identifier> ASTUTI, DITA DWI (2020) Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sd 2 gondoharum pada Tema indahnya keragaman di negeriku menggunakan model Problem solving berbantuan media Ultangklek. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>14138</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ASTUTI, DITA DWI
title Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sd 2 gondoharum pada Tema indahnya keragaman di negeriku menggunakan model Problem solving berbantuan media Ultangklek
publishDate 2020
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/14138/1/Halaman%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14138/2/Bab%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14138/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14138/4/Bab%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14138/5/Bab%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14138/6/Bab%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14138/7/Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14138/8/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14138/
contents Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran melalui model Problem Solving berbantuan media ular tangga engklek pada tema 7 Indahnya keragaman di Negeriku SubTema 1 dan 2 kelas IV SDN 2 Gondoharum. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model Problem Solving berbantuan media Ular tangga engkelk pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku SubTema 1 dan 2 kelas IV SDN 2 Gondoharum. Hasil belajar merupakan hal yang didapatkan siswa selama melaksanakan kegiatan belajar mengajar, setelah siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang mencakup ranah kognitif (pengetahuan), ranah afektif (sikap), dan ranah psikomotorik (keterampilan). Model pembelajaran Problem Solving merupakan suatu keterampilan pemecahan masalah yang meliputi kemampuan untuk mencari informasi, menganalisis situasi dan mengidentifikasi masalah dengan tujuan untuk menghasilkan alternatif sehingga dapat mengambil suatu tindakan agar siswa dapat memcahkan permasalahan yang ada. Media Ular Tangga Engklek, merupakan salah satu media yang dapat memberikan manfaat untuk anak yang sulit belajar, karena media ular tangga merupakan media permainan yang dapat dimainkan oleh siswa, siswa diarahkan bermain sambil belajar, dala permainan ular tangga siswa nantinya akan diberikan kartu soal dan siswa diminta untuk memecahkan permaslahan sesuai yang ada pada kartu secara berkelompok, kartu soal berisi mengenai materi nonfiksi dan keragaman di Negeriku, dalam bermain media ular tangga siswa diajarkan untu bisa berani menjawab, berani memecahkan permasalahan yang terdapat pada kartu soal. Nantinya mampu memancing siswa dalam meingkatkan hasil belajar yang bisa dilakukan dengan bermain sambil belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 2 Gondoharum kecamatan Jekulo Kabupaten Kudusyang terdiri dari 19 siswa, 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes diuji Validitasnya menggunakan Validitas Expert Judgment. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisiskuantitatif dan kualitatif.
id IOS3090.14138
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:10:15Z
last_indexed 2023-02-26T07:10:15Z
recordtype dc
_version_ 1765996426704191488
score 17.13294