Daftar Isi:
  • CM Jaya Motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif penyedia jasa perawatan khusus untuk merek sepeda motor honda. Di CM Jaya Motor, pelanggan yang ingin service harus datang danmengantri cukup lama karena banyaknya pelanggan yang juga ingin mendapatkan pelayanan service sepeda motor, kondisi ini dapat membuat pelanggan tidak nyaman karena harus menunggu nomor antrian service sehingga banyak waktu terbuang dengan sia-sia.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan service motorserta mengurangi waktu tunggu calon pelanggan pada saat akan melakukan service sepeda motor di CM Jaya Motor. Sistem ini dilengkapi dengan SMS Gateway dapat membantu pelanggan agar lebih mudah mendapatkan informasi mengenai waktu booking/ pemesanan service, melakukan booking servicedan mendapatkan pengingat jadwal service berkala. Penelitian dilakukan menggunakan metode pengembangan waterfall dengan analisa kebutuhan melalui observasi, studi literatur dan wawancara. Hasil analisa pada perancangan sistem akan digambarkan menggunakan model UML (Unified Modelling Language), kemudian akan diimplementasikan dalam sebuah aplikasi berbasis WEB dengan menggunakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam perancangan adalah PHP, serta menggunakan software bantu Gammu dan database menggunakan MySQL.