Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini 1) menganalisis seberapa besar pengaruh model Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa SD, 2) mendeskripsikan seberapa kuat pengaruh model Problem Based Learning terhadap rasa percaya diri siswa? 3) menganalisis seberapa besar pengaruh model Problem Based Learning berbasis alat peraga manipulatif terhadap pemahaman konsep matematika siswa SD? 4) mendeskripsikan seberapa penting pengaruh model Problem Based Learning berbasis alat peraga manipulatif terhadap rasa percaya diri siswa SD? 5) menganalisis seberapa besar perbedaan pengaruh model Problem Based Learning dan model Problem Based Learning berbasis alat peraga manipulatif terhadap pemahaman konsep matematika siswa SD? 6) mendeskripsikan seberapa baik perbedaan pengaruh model Problem Based Learning dan model Problem Based Learning berbasis alat peraga manipulatif terhadap rasa percaya diri siswa SD? Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group design Sampael penelitian adalah 3 SD yaitu dari kelas VI SD N Kalitengah 2, SDN Kangkung 1 dan SDN kangkung 3..Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalah dengan teknik Purpose sampling Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan Tes tetulis. .Analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian adalah (1). terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep matematika dan rasa percaya diri siswa SD. karena t hitung tes > t tabel (14.31, > 2,0167). Nilai Sig (2-tailed) sebesaar 00 < 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima (2) terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbasis alat peraga manipulatif terhadap pemahaman konsep matematika dan rasa percaya diri siswa SD. karena nilai t hitung > t tabel (19.84, > 2, 0195). sedangkan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 00 < 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Terdapat perbedaan pengaruh model Problem Based Learning dan Problem Based Learning berbasis alat peraga manipulatif terhadap pemahaman konsep matematika dan rasa percaya diri siswa SD. karena nilai t hitung > t tabel (26.316, > 2, 0195) Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,129 maka Nilai Sig. (2-tailed) 0,129 < 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima