Daftar Isi:
  • Kompetensi pembelajaran melakukan penilaian HOTS penting untuk dikuasai guru. Agar kompetensi guru meningkat maka perlu adanya perlakuan, tindakan atau penelitian pada guru. Penggunaan media berupa buku pnilaian HOTS berbasis religius muatan pelajran IPA dapat dijadikan alternatif perlakuan untuk meningkatkan kompetensinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengembangan buku penilaian HOTS berbasis religius; 2) kefektifitasan buku untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun penilaian HOTS berbasis religius muatan pelajaran IPA kelas 4 Sekolah Dasar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah buku penilaian HOTS, sedangkan variabel terikatnya adalah kompetensi guru menyusun penilaian HOTS. Hipotesisnya kompetensi guru dalam menyusun penilaian HOTS akan lebih baik setelah menggunakan buku penilaian HOTS berbasis religius. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall dengan prosedur meliputi: 1) Identifikasi Potensi dan Masalah; 2) Pengumpulan Data; 3) Desain Produk; 4) Validasi Desain; 5) Revisi Produk I; 6) Uji Coba Produk; 7) Revisi Produk II; 8). Uji Coba Pemakaian; 9) Revisi Produk Akhir; dan 10) Diseminasi Produk. Hasil Penelitian: 1) Dihasilkan buku penilaian HOTS berbasis religius muatan pelajaran IPA kelas IV SD. Kelayakan buku ditunjukkan melalui validasi (uji materi dan media) oleh dua orang ahli materi dan media, memdapatkan skor rata-rata validasi 80,49 dengan kategori sangat baik; 2) Keefektifan penggunaan buku dibuktikan dengan uji t. Diperoleh t hitung = -9.892 < t tabel=1,72 jatuh pada daerah penerimaan Ha, maka Ha yang menyatakan bahwa efektivitas buku panduan penilaian HOTS berbasis religius terhadap kompetensi pembelajaran dalam penilaian HOTS lebih baik dari sebelum penggunaan buku panduan penilaian HOTS berbasis religius dapat diterima. Simpulan penelitian adalah penggunaan buku penilaian HOTS berbasis religius berpengaruh dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun penilaian HOTS di Sekolah Dasar. Saran dalam penelitian ini antara lain, hendaknya guru menggunakan buku penilaian HOTS berbasis ini untuk meningkatkan kompetensinya dalam penilaian HOTS.