ctrlnum 13989
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/13989/</relation><title>Penerapan model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar tema 5 pada siswa kelas iv sdn 02 megawon kudus</title><creator>Harwanti, Mayalinda Siska</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru, aktifitas siswa dan hasil belajar siswa pada tema 5 Pahlawanku dengan menggunakan media Flash Card pada siswa kelas IV SD N 02 Megawon Kudus.&#xD; &#xD; Model Mind Mapping merupakan model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar. Model Mind Mapping memiliki 7 tahapan yaitu persiapan, penyampaian materi, pembentukan kelompok, diskusi, pencatatan hasil, penyampaian hasil dan kesimpulan. Hasil belajar merupakan suatu proses pengalaman dan latihan yang menghasilkan perubahan perilaku yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap. Peneliti ini menggunakan media Flash Card. Media Flash Card merupakan media yang dibuat seperti yang dibuat seperti kartu yang berisi gambar, tulisan didesain secara menarik agar menambah perhatian siswa karena dibuat sebagai permainan kartu yang bertujuan agar siswa memerhatikan serta memahami materi yang disampaikan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan ketrampilan mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar siswa. &#xD; Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD N 02 Megawon dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Mind Mapping. Variabel terikat hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan kualitatif. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar tema 5, hasil belajar di di siklus I yaitu dengan presentase sebesar (40%) kemudian mengalami peningkatan siklus II sebanyak (60%). Aktivitas siswa siklus I yaitu dengan presentase sebesar (80%) dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II presentase sebesar ( 95%). Peningkatan tersebut didukung ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I yaitu dengan presentase sebesar (76,78%) kemudian mengalami peningkatan di siklus II sebanyak (83,9%). Model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema 5 kelas IV SD N 02 Megawon.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD N 02 Megawon dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Maping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 kelas IV. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model Mind Mapping adalah dengan meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajr siswa.</description><date>2020</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13989/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13989/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13989/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13989/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13989/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13989/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13989/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13989/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Harwanti, Mayalinda Siska (2020) Penerapan model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar tema 5 pada siswa kelas iv sdn 02 megawon kudus. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>13989</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Harwanti, Mayalinda Siska
title Penerapan model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar tema 5 pada siswa kelas iv sdn 02 megawon kudus
publishDate 2020
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/13989/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13989/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13989/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13989/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13989/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13989/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13989/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13989/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13989/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru, aktifitas siswa dan hasil belajar siswa pada tema 5 Pahlawanku dengan menggunakan media Flash Card pada siswa kelas IV SD N 02 Megawon Kudus. Model Mind Mapping merupakan model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar. Model Mind Mapping memiliki 7 tahapan yaitu persiapan, penyampaian materi, pembentukan kelompok, diskusi, pencatatan hasil, penyampaian hasil dan kesimpulan. Hasil belajar merupakan suatu proses pengalaman dan latihan yang menghasilkan perubahan perilaku yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap. Peneliti ini menggunakan media Flash Card. Media Flash Card merupakan media yang dibuat seperti yang dibuat seperti kartu yang berisi gambar, tulisan didesain secara menarik agar menambah perhatian siswa karena dibuat sebagai permainan kartu yang bertujuan agar siswa memerhatikan serta memahami materi yang disampaikan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan ketrampilan mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD N 02 Megawon dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Mind Mapping. Variabel terikat hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar tema 5, hasil belajar di di siklus I yaitu dengan presentase sebesar (40%) kemudian mengalami peningkatan siklus II sebanyak (60%). Aktivitas siswa siklus I yaitu dengan presentase sebesar (80%) dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II presentase sebesar ( 95%). Peningkatan tersebut didukung ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I yaitu dengan presentase sebesar (76,78%) kemudian mengalami peningkatan di siklus II sebanyak (83,9%). Model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema 5 kelas IV SD N 02 Megawon. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD N 02 Megawon dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Maping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 kelas IV. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model Mind Mapping adalah dengan meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajr siswa.
id IOS3090.13989
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:10:08Z
last_indexed 2023-02-26T07:10:08Z
recordtype dc
_version_ 1765996425936633856
score 17.13294