Peningkatan hasil belajar pkn melalui penerapan model numbered head together (nht) Berbantu gambar ilustrasi pada siswa kelas iv sd 2 bae
Main Author: | Firdayanti, Runita |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/13977/1/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/13977/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/13977/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/13977/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/13977/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/13977/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/13977/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/13977/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/13977/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Bae pada mata pelajaran PKN materi menunjukkan sikap terhadap pengaruh globalisasi melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbatu gambar ilustrasi. Model Pembelajaran Numbered Head Together adalah salah satu model pembelajaran tipe kooperatif yang melatih siswa untuk aktif belajar secara berkelompok dan berkomunkasi untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti kegiatan belajar yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan desain penilitian Kemmis dan Mc Tanggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV SD 2 Bae sebanyak 15 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together berbantu Gambar ilustrasi, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Bae. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif yang diperkuat dengan data kulalitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peingkatan pada keterampila guru dalam mengelola pembelajaran dengan presentase (75%) pada siklus I menjadi (83,75%) pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh presentase (72,6%) meningkat menjadi (77,77%) pada siklus II. Hasil belajar siswa ranah kognitif mengalami peningkatan dari siklus I (71%) menjadi (82,33%) pada siklus II. Pada ranah afektif meningkat dengan presentase (72,67%) pada siklusI menjadi (81,83%) pada siklus II. Ranah psikomotorik mengalami peningkatan presentase dari (74,33%) pada siklus I menjadi (82,5%) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 2 Bae dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu gambar ilustrasi dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn materi globalisasi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik kelas IV SD 2 Bae. Saran yang diberikan peneliti yakni siswa harus lebih aktif pembelajaran, percaya diri dalam menyampaikan pendapat, dan mau menghargai pendapat orang lain.