Peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model stad berbantuan permainan Lempar gelang pada tema 7 kelas v Sdn pati wetan 03
Main Author: | Arum, Nila Mustika |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/13970/3/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/13970/1/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/13970/2/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/13970/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/13970/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/13970/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/13970/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/13970/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/13970/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa, aktivitas siswa, keterampilan mengajar guru melalui model Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan permainan lempar gelang pada Tema 7. Pemahaman konsep adalah kemampuan untuk memahami konsep dengan pemahamannya, memberikan contoh dan menjelaskan secara lebih luas. STAD merupakan salah satu strategi pembelajaran yang digunakan dengan cara membentuk suatu kelompok untuk meningkatkan rasa saling bekerja sama dalam menyesuaikan suatu tujuan pembelajaran. Permainan lempar gelang merupakan permainan memasukkan gelang ke pasaknya dengan jarak tertentu. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model Student Teams Achiviement Division (STAD) berbantuan permainan lempar gelang pada tema 7 kelas V SDN Pati Wetan 03. Penelitian tindakan ini sudah dilakukan di kelas V SDN Pati Wetan 03 dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 73,4 dan meningkat pada siklus II menjadi 80,6. Aktivitas siswa aspek sikap pada siklus I sebesar 67,2 dan meningkat pada siklus II menjadi 75,8. Aktivitas siswa aspek keterampilan pada siklus I sebesar 71,6 dan meningkat pada siklus II menjadi 80,95. Keterampilan guru pada siklus I sebesar 71,1 dan meningkat pada siklus II menjadi 86,3. Hal ini membuktikan bahwa model STAD berbantuan permainan lempar gelang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SDN Pati Wetan 03. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD 4 Dersalam bahwa dengan menggunakan model STAD berbantu permainan lempar gelang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada tema 7 kelas V SDN Pati Wetan 03.