ctrlnum 13948
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/13948/</relation><title>Studi kasus: dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sdn cabean 3 kecamatan demak kabupaten demak</title><creator>Wegasari, Kurnia</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran online di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak pada masa pandemi Covid-19, 2) mengidentifikasi dampak yang terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak dalam pada masa pandemi Covid-19, dan 3) mengidentifikasi alasan dampak tersebut dapat terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak dalam pada masa pandemi Covid-19.&#xD; Pandemi Covid-19 telah membuat sistem pembelajaran di sekolah dipaksa berubah secara drastis dari pembelajaran tatap muka (konvensional) menjadi pembelajaran secara online. Dengan adanya kebijakan tersebut, tentunya berdampak kepada siswa, guru, maupun orang tua dalam proses pembelajaran online yang belum biasa mereka laksanakan. Pembelajaran online adalah pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat elektronik dengan bantuan audio, video, dan perangkat komputer yang merupakan suatu sistem serta dapat memfasilitasi siswa belajar lebih luas, lebih banyak, dan bervariasi.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan orang tua siswa kelas 1 sampai dengan kelas V SDN Cabean 3 Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Pengumpulan data menggunakan kuesioner terbuka, wawancara, dan dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.&#xD; Hasil penelitian diperoleh bahwa, 1) pelaksanaan pembelajaran online di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak pada masa pandemi Covid-19 telah dilaksanakan dengan tahap perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran. 2) dampak yang terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak dalam pada masa pandemi Covid-19 terkait dampak positif dan dampak negative. 3) alasan munculnya dampak bagi guru, siswa, dan orang tua karena pembelajaran online merupakan hal baru yang akhirnya memaksa mereka, mau tidak mau harus melaksanakan.&#xD; Dari penelitian ini disarankan: 1) guru perlu mencoba media online yang lain agar terjadi interaksi yang lebih baik antara guru dan siswa atau siswa dengan siswa lainnya, 2) sekolah perlu menganggarkan bantuan kuota internet baik bagi guru maupun siswa yang dimabilkan dari dana BOS, 3) pelaksanaan pembelajaran online perlu dievaluasi ulang agar lebih efektif untuk pelaksanaan berikutnya.</description><date>2020-09</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13948/1/JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13948/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13948/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13948/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13948/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13948/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13948/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13948/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Wegasari, Kurnia (2020) Studi kasus: dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sdn cabean 3 kecamatan demak kabupaten demak. Master thesis, UMK. </identifier><recordID>13948</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wegasari, Kurnia
title Studi kasus: dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sdn cabean 3 kecamatan demak kabupaten demak
publishDate 2020
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/13948/1/JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13948/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13948/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13948/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13948/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13948/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13948/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13948/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13948/
contents Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran online di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak pada masa pandemi Covid-19, 2) mengidentifikasi dampak yang terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak dalam pada masa pandemi Covid-19, dan 3) mengidentifikasi alasan dampak tersebut dapat terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak dalam pada masa pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 telah membuat sistem pembelajaran di sekolah dipaksa berubah secara drastis dari pembelajaran tatap muka (konvensional) menjadi pembelajaran secara online. Dengan adanya kebijakan tersebut, tentunya berdampak kepada siswa, guru, maupun orang tua dalam proses pembelajaran online yang belum biasa mereka laksanakan. Pembelajaran online adalah pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat elektronik dengan bantuan audio, video, dan perangkat komputer yang merupakan suatu sistem serta dapat memfasilitasi siswa belajar lebih luas, lebih banyak, dan bervariasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan orang tua siswa kelas 1 sampai dengan kelas V SDN Cabean 3 Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Pengumpulan data menggunakan kuesioner terbuka, wawancara, dan dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian diperoleh bahwa, 1) pelaksanaan pembelajaran online di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak pada masa pandemi Covid-19 telah dilaksanakan dengan tahap perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran. 2) dampak yang terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak dalam pada masa pandemi Covid-19 terkait dampak positif dan dampak negative. 3) alasan munculnya dampak bagi guru, siswa, dan orang tua karena pembelajaran online merupakan hal baru yang akhirnya memaksa mereka, mau tidak mau harus melaksanakan. Dari penelitian ini disarankan: 1) guru perlu mencoba media online yang lain agar terjadi interaksi yang lebih baik antara guru dan siswa atau siswa dengan siswa lainnya, 2) sekolah perlu menganggarkan bantuan kuota internet baik bagi guru maupun siswa yang dimabilkan dari dana BOS, 3) pelaksanaan pembelajaran online perlu dievaluasi ulang agar lebih efektif untuk pelaksanaan berikutnya.
id IOS3090.13948
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:10:07Z
last_indexed 2023-02-26T07:10:07Z
recordtype dc
_version_ 1765996425535029248
score 17.13294