ctrlnum 13927
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/13927/</relation><title>Pengaruh manajemen berbasis sekolah dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas di sd negeri gugus kartini kecamatan kota kudus</title><creator>Magfiroh, Unun</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah terhadap kinerja guru kelas di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota Kudus; (2) menganalisis pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota Kudus; dan (3) menganalisis pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru kelas di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota Kudus.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian kausal untuk mengetahui adanya hubungan variabel-variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Variabel bebas adalah Manajemen Berbasis Sekolah dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah, dan variabel terikat kinerja guru kelas. Penelitian dilakukan di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif presentase, analisis prasyarat, dan statistik dengan regresi, korelasi, penentuan koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis. &#xD; Hasil penelitian menemukan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan Manajemen Berbasis Sekolah (X1) terhadap kinerja guru kelas (Y) di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Korelasi Manajemen Berbasis Sekolah terhadap kinerja guru kelas sebesar R = 0,381 dan pengaruh yang diberikan sebesar 14,5%; (2) terdapat pengaruh signifikan kepemimpinan demokratis kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru kelas (Y) di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Korelasi kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas sebesar R = 0,260 dan pengaruh yang diberikan sebesar 6,8%; dan (3) terdapat pengaruh signifikan Manajemen Berbasis Sekolah (X1) dan pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru kelas (Y) di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Korelasi Manajemen Berbasis Sekolah dan pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas sebesar R = 0,483 dan pengaruh yang diberikan sebesar 23,4%.&#xD; Saran yang dapat diberikan: (1) hasil penelitian ini dapat dikembangkan lagi dengan penelitian-penelitian tentang variabel lain yang dapat berpengaruh pada kinerja guru; (2) bagi penulis, untuk dapat menggunakan hasil yang diperoleh dalam bekerja sebagai pendidik; (3) bagi kepala sekolah, untuk dapat lebih mengoptimalkan Manajemen Berbasis Sekolah dan kepemimpinan demokratis agar dapat memperoleh hasil maksimal dalam meningkatkan kinerja guru yang dipimpin; dan (4) bagi pihak guru kelas, untuk dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme agar dapat meningkatkan kinerjanya.</description><date>2020</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13927/1/1.%20Halaman%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13927/2/2.%20Bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13927/3/3.%20Bab%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13927/4/4.%20Bab%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13927/5/5.%20Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13927/6/6.%20Bab%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13927/7/7.%20Bab%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13927/8/8.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13927/9/9.%20Lampiran.pdf</identifier><identifier> Magfiroh, Unun (2020) Pengaruh manajemen berbasis sekolah dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas di sd negeri gugus kartini kecamatan kota kudus. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>13927</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Magfiroh, Unun
title Pengaruh manajemen berbasis sekolah dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas di sd negeri gugus kartini kecamatan kota kudus
publishDate 2020
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/13927/1/1.%20Halaman%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13927/2/2.%20Bab%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13927/3/3.%20Bab%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13927/4/4.%20Bab%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13927/5/5.%20Bab%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13927/6/6.%20Bab%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13927/7/7.%20Bab%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13927/8/8.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13927/9/9.%20Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13927/
contents Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah terhadap kinerja guru kelas di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota Kudus; (2) menganalisis pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota Kudus; dan (3) menganalisis pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru kelas di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian kausal untuk mengetahui adanya hubungan variabel-variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Variabel bebas adalah Manajemen Berbasis Sekolah dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah, dan variabel terikat kinerja guru kelas. Penelitian dilakukan di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif presentase, analisis prasyarat, dan statistik dengan regresi, korelasi, penentuan koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan Manajemen Berbasis Sekolah (X1) terhadap kinerja guru kelas (Y) di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Korelasi Manajemen Berbasis Sekolah terhadap kinerja guru kelas sebesar R = 0,381 dan pengaruh yang diberikan sebesar 14,5%; (2) terdapat pengaruh signifikan kepemimpinan demokratis kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru kelas (Y) di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Korelasi kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas sebesar R = 0,260 dan pengaruh yang diberikan sebesar 6,8%; dan (3) terdapat pengaruh signifikan Manajemen Berbasis Sekolah (X1) dan pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru kelas (Y) di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Korelasi Manajemen Berbasis Sekolah dan pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas sebesar R = 0,483 dan pengaruh yang diberikan sebesar 23,4%. Saran yang dapat diberikan: (1) hasil penelitian ini dapat dikembangkan lagi dengan penelitian-penelitian tentang variabel lain yang dapat berpengaruh pada kinerja guru; (2) bagi penulis, untuk dapat menggunakan hasil yang diperoleh dalam bekerja sebagai pendidik; (3) bagi kepala sekolah, untuk dapat lebih mengoptimalkan Manajemen Berbasis Sekolah dan kepemimpinan demokratis agar dapat memperoleh hasil maksimal dalam meningkatkan kinerja guru yang dipimpin; dan (4) bagi pihak guru kelas, untuk dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme agar dapat meningkatkan kinerjanya.
id IOS3090.13927
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:10:07Z
last_indexed 2023-02-26T07:10:07Z
recordtype dc
_version_ 1765996425465823232
score 17.13294