Analisis pola asuh orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas iii sdn 1 pelemkerep
Main Author: | ROHMANIYAH, NUR ALFIYATUR |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/13904/1/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/13904/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/13904/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/13904/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/13904/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/13904/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/13904/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/13904/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN 1 Pelemkerep Mayong Kabupaten Jepara dengan rumusan masalah bentuk pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa di SDN 1 Pelemkerep dan peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas III SDN 1 Pelemkerep. Penelitian ini membahas mengenai pola asuh dan implikasinya motivasi belajar terhadap siswa. Pola asuh orang tua merupakan kontrol orang tua dalam memberikan pengaruh positif terhadap anak.Terdapat empat jenis pola asuh, yang meliputi pola asuh permisif, demokratif, otoritatif, dan penelantaran. Sedangkan motivasi belajar merupakan dorongan dari dalam maupun dari luar untuk tetap belajar sehingga seseorang atau khususnya siswa sekolah dasar dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Pola asuh yang positif akan memberikan dorongan motivasi belajar yang tinggi terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Pelemkerep Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara, dengan mengambil subjek antara siswa, orang tua dan guru sebagai subjek, siswa dan guru sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan bentuk pengasuhan orang tua siswa SDN 1 Pelemkerep bentuk pengasuhan demokratis. Bentuk pola asuh demokratis dengan menerapkan disiplin belajar, mandiri, dan taat beribadah dan tindakan yang mencerminkan budi pekerti mampu memberikan peranan untuk siswa khususnya dalam hal motivasi belajar. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa dapat memberikan dorongan terhadap motivasi belajar siswa di lingkungan keluarga dan sekolah sehingga siswa bisa mendapatkan hasil belajar yang baik. Tidak hanya itu bentuk pola asuh demokratis juga mampu membentuk karakter dalam diri siswa berupa kedisiplinan, kemandirian, religius, dan komunikatif. Adapun saran dalam penelitian ini bagi orang tua diharapkan mampu memberikan pengasuhan yang positif bagi siswa mampu memiliki semangat belajar baik di sekolah dan di rumah yang baik.