Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model jigsaw pada siswa kelas iv sd 4 karangbener pada pembelajaran tema 6 cita-citaku
Main Author: | KHOIRUDDIN, AFIF |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/13900/2/HAL.%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/13900/1/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/13900/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/13900/5/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/13900/4/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/13900/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/13900/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/13900/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/13900/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD 4 Karangbener Bae Kudus yang berjumlah 19 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan keterampilan guru mengajar, lembar pengamatan hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik siswa, tes pilihan ganda, dan lembar pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan siklus I memperoleh persentase 68,42% meningkat 89,50% pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 56,50% meningkat menjadi 86,25% pada siklus II. Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I skor rata-rata 14 (baik) meningkat menjadi 16,64 (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan hasil belajar ranah psikomotorik memperoleh skor rata-rata 15,5 (baik) meningkat 18 (sangat baik) pada siklus II.Simpulan peneliti bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tema 6 cita-citaku kelas IV SD 4 Karangbener. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus berusaha meningkatkan pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif, menggunakan media dan sumber belajar yang beragam. Untuk siswa harus lebih bersemangat dan rajin dalam mengikuti pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik.