Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2020/2021 Perhatian adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dalam hubungannya dengan pemilihan rangsangan dari lingkungannya. Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai yang diberikan oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah populasi sekaligus sebagai sampel 21 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini perhatian orang tua (X) dan variabel terikatnya(Y) adalah prestasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah berupa angket kepada siswa untuk mengukur perhatian orang tua dan tes ulangan tema 1 untuk mengukur prestasi belajar siswa dan wawancara sebagai untuk mencari data penunjang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif yaitu analisis regresi sederhana. Hasil penelitian bahwa prestasi belajar siswa kelas V pada ulangan tema 1 mencapai 73,43 sudah melalui Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan oleh sekolah sebesar 70. Hasil dari uji F didapat hasil F sebesar 33,009 dengan signifikansi 0,00 Simpulan penelitiani ini 1. Prestasi belajar siswa kelas V pada ulangan tema 1 secara daring mencapai 73,43 sudah melalui Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan oleh sekolah sebesar 70. 2. Ada pengaruh variable perhatian orang terhadap variable prestasi belajar siswa kelas V SDN 1 Kaliwungu Kudus. Saran dalam penelitian orang tua hendkanya memperhatikan pemenuhan kebutuhan belajar, penciptaan suasana belajar yang nyaman, pengawasan kegiatan belajar, memberikan bimbingan belajar, dan pemberian penghargaan Sekolah perlu meningkatkan intensitas komunikasi dengan orang tua. Keberhasilan pembelajaran di sekolah perlu dukungan orang tua.