Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, peningkatan keterampilan guru pada pembelajaran tema 6 panas dan perpindahannya setelah diterapkannya model pembelajaran Group Investigation berbantuan media pembelajaran poster pintar pada siswa kelas V SD N Sukoharjo 03 Pati. Hasil belajar merupakan hasil dari berbagai kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Group investigation adalah model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa dalam mencari materi sendiri dan mengajak siswa untuk belajar kelompok dengan dibagi beberapa kelompok secara heterogen. Siswa memilik topik tertentu dengan permasalahan yang dikembangkan dari topik-topik tersebut. Masing-masing siswa mengidentifikasi poster yang telah dipersiapkan oleh guru. Bagi setiap kelompok mengidentifikasi gambar. Masing-masing kelompok mempersentasikan hasil kelompok di depan kelas. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa melalui model Group Investigation berbantuan media poster pintar pada siswa kelas V SD N Sukoharjo 03 Pati. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD N Sukoharjo 03 pati dengan subjek penelitian guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Group Investigation berbantuan media poster pintar dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan mengalami peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD N Sukoharjo 03 Pati pada tema 6 panas dan perpindahannya yang cukup siginifikan. Hasil belajar aspek pengetahuan siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 71,42% ke siklus II memperoleh 92,85% dengan kategori sangat baik, kemudian pada aspek sikap memperoleh siklus I 71,42% ke siklus II 89,28% dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada aspek keterampilan siklus I memperoleh 74,99% ke siklus II 89,28% dengan kategori sangat baik. Keterampilan guru memgelola pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I 64,06% ke siklus II menjadi 85,15% dengan kategori sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema panas dan perpindahannya pada kelas V SD N Sukoharjo 03 Pati.