Pengembangan media scrapbook dengan penerapan pendekatan kontekstual pada muatan pelajaran ipa kelas v sekolahdasar
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media scrapbook dengan penerapan pendekatan kontekstual pada muatan pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Melalui pengembangan ini, peneliti dapat mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran pada muatan pelajaran IPA kelas V sekolah dasar, mengembangkan media scrapbook dengan penerapan pendekatan kontekstual, dan menguji keefektifan media scrapbook dengan penerapan pendekatankontekstual. Jenis Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD). Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas V SDN Sidomulyo 1, SD N Sidomulyo 2, SDN Sidomulyo 3 dan SDN Gempoldenok. Penggunaan media pembelajaran pada muatan pelajaran IPA yang biasa guru gunakan ialah media gambar dan buku cetak sebagai buku pegangan siswa. Biasanya gambar yang disajikan ukuran terlalu kecil sehingga siswa kurang jelas untuk memahami gambar. Tahap pengembangan terdiri atas pengembangan media dari buku cetak menjadi media Scrapbook yang inovatif. Terdapat beberapa tahap dalam pengembangan media scrapbook, yaitu: pertama, tahap perencanaan, meliputi pemilihan bahan, penggunaan gambar, pemilihan warna, pemilihan tulisan, pemilihan ukuran. Kedua, tahap desain Scrapbook didesain secara manual dengan menempelkan gambar dan hiasannya. Gambar dicetak pada kertas label sehingga mempermudah proses penempelan. Hasil Prototipe media Scrapbook layak dan Efektif dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi memperoleh persentase skor 85%. Sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh persentase skor 86% dengan kategori sangat baik. Pada Uji keefektifan media Scrapbook pada Uji t Didapatkan bahwa t hitung > t tabel, yaitu 6,1704 > 2,8273 maka dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.