Pengembangan bahan ajar bahasa indonesia berbasis lingkungan untuk siswa kelas 1 sd
Main Author: | LATIFAH, HENI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/13850/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/13850/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/13850/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/13850/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/13850/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/13850/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/13850/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/13850/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/13850/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/13850/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki latar belakang masalah kurangnya inovasi bahan ajar yang digunakan oleh guru, sehingga menyebabkan tujuan pembelajaran kurang tercapai secara maksimal serta siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. SD. Penelitian ini merupakan pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia yang berawal dari bentuk sederhana yang dikembangkan dalam seperangkat bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis lingkungan yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan lingkungan sekitar sebagai dasar pembuatan bahan ajar, membuat bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis lingkungan untuk siswa kelas 1 SD, dan menjabarkan hasil uji efektivitas bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis lingkungan untuk siswa kelas 1 SD. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian dan Pengembangan. Penelitian ini terdiri dari dari sepuluh langkah, antara lain: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk, 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian; 9) revisi produk; dan 10) pembuatan produk masal. Data pada penelitian ini adalah data tentang kebutuhan bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis lingkungan, prototipe dari bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis lingkungan berasal dari observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari siswa dan guru kelas 1 di SD 2 Besito , SD 3 Karangmalang, dan SD 4 Gondosari. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis lingkungan efektif, yang ditunjukkan dengan hasil pada SD 2 Besito sebesar 9,430>2,03, SD 4 Gondosari sebesar 7,570>2, dan SD 3 Karangmalang sebesar 9,277>2,04, uji t dapat disimpulkan t hitung > t tabel maka Ho diterima dan bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis lingkungan efektif diterapkan.