Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, Budaya sekolah, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru sd di kecamatan tayu kabupaten pati
Main Author: | Ulya, Zuhrotul |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/13792/1/JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/13792/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/13792/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/13792/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/13792/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/13792/6/BAB%20%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/13792/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/13792/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/13792/ |
Daftar Isi:
- Guru merupakan salah satu sumber daya manusia yang berada di sekolah, maka kinerja guru memiliki peran penting dalam pencapaian tujuan sekolah. Masalah kinerja menjadi sorotan berbagai pihak karena kinerja guru akan dirasakan oleh siswa atau orang tua siswa. Saat ini kinerja guru SD di Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati belum menunjukkan kinerja yang tinggi. Hal itu diduga disebabkan oleh faktor kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, dan kompetensi professional guru yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (b) pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru, (c) pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru, (d) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, dan kompetensi professional secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan ex post facto dengan rancangan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar di Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati yang berjumlah 295 orang, dan diperoleh sampel sebanyak 167 orang dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan metode kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda. Untuk menganalisis data menggunakan fasilitas program SPSS 21 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 23%. Sedangkan budaya sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 25,5%. Kompetensi profesional berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 37,4%. Kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, dan kompetensi profesional secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 38,5%.