Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian yaitu menganalisis pengaruh supervisi akademik pengawas, kepemimpinan transformasional, kepala sekolah, motivasi kerja terhadap kepuasan kerja, secara parsial maupun sinultan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survey dengan variabel bebas X1 supervisi akademik pengawas sekolah, X2 kepemimpinan transformasional kepala sekolah, x3 motivasi kerja dan variabel teerikat Y kepuasan kerja guru SD. Penelitian dilaksanakan di sekolah dasar negeri di Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu 50 guru sekolah dasar. Pengumpulan data melalui questioner daring aplikasi whatsapp. Metode analisis data menggunakan analisis regresi dua predictor Hasil penelitian diperoleh rx1y = 0,868 ada pengaruh yang signifikan dengan sumbangan efektif 75,4%, rx2y = 0,846, ada pengaruh yang signifikan dengan sumbangan efektif 71,6%, rx3y = 0,886, ada pengaruh yang signifikan dengan sumbangan efektif 78,5%dn rx123y = 0,875, secara simultan ada pengaruh yang signifikan 76,1%. Pengaruh terkuat adalah motivasi kerja yang terndah kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Saran: guru yang memiliki kepuasan kerja rendah untuk meningkatkan motivasi kerja dengan mengembangkan kompetensi dan menciptakan kreativitas yang inovatif dalam pengembangan pembelajaran di kelas sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran siswa. Kepala sekolah agar dapat menmerapkan kepemimpinan transformasional yang dapat mengayomi guru dengan menggandeng guru sebagai rekan kerja bukjan sebagai bawahan, serta dapat bersikap terbuka terhadap kritik dan saran dari guru. Pengawas hendaknya dalam melaksanakan supervisi dengan melakukan komunikasi dan diskusi dua arah dengan guru, agar permasalahan yang dihadapi guru dapat diatas.