Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran student teams achievement division berbantuan media scrap book pada tema 7 Indahnya keragaman di negeriku Kelas iv sd 4 karangbener kudus

Main Author: Apriliya, Vita
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/13735/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13735/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13735/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13735/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13735/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13735/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13735/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13735/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13735/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar siswa ranah pengetahuan dan keterampilan melalui model Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media scrap book pada tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS Kelas IV SD 4 Karangbener Kudus tahun ajaran 2019/2020. Penelitan ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan yang meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Lokasi penelitian di SD 4 Karangbener Kudus dengan subyek penelitian 19 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tenik nontes meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian keterampilan guru siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 73,5% dengan kriteria Baik, dan meningkat pada siklus II memperoleh persentase rata-rata sebesar 84% dengan kriteria Sangat baik. Hasil penelitian pada ranah pengetahuan pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 63,16% pada muatan Bahasa Indonesia dan pada muatan IPS memperoleh ketuntasan klasikal 52,63% dan meningkat pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 78,95% pada muatan Bahasa Indonesia. Pada muatan IPS memperoleh ketuntasan klasikal 73,69%. Hasil penelitian pada ranah keterampilan siswa pada siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 72,28% dengan kriteria Baik pada muatan Bahasa Inodenesia dan 72,63% dengan kriteria Baik pada muatan IPS dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh persentase rata-rata sebesar 77,31% dengan kriteria Baik pada muatan Bahasa Indonesia dan 80,94% dengan kriteria Baik pada muatan IPS. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD berbantuan media Scrap Book dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar ranah pengetahuan dan keterampilan siswa kelas IV SD 4 Karangbener Kudus tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” muatan Bahasa Indonesia dan IPS.