Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran think pair share berbantuan media puzzle sebagai berikut. 1) hasil belajar siswa aspek pengetahuan meningkat dari siklus I memperoleh rata-rata 69,1 dengan ketuntasan klasikal 64% (perlu bimbingan) pada siklus II dengan memperoleh rata-rata 86,1 dengan ketuntasan klasikal 89% (baik). 2) aktivitas belajar siswa aspek sikap pada siklus I memperoleh persentase 72,45% (perlu bimbingan) meningkat pada siklus II menjadi 83,63% (baik). 3) aktivitas belajar siswa aspek keterampilan pada siklus I memperoleh persentase 73,83% (perlu bimbingan) mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh persentase 84,13% (baik). 4) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase 72% (perlu bimbingan) meningkat pada siklus II memperoleh persentase 94% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siklus IV SDN Kebonsawahan 02 dapat disimpulkan bahwa penerapan model think pair share berbantuan media puzzle dapat meningkat hasil belajar, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas IV SDN Kebonsawahan 02. oleh karena itu saran yang diberikan yaitu hendaknya model pembelajaran think pair share dapat dijadikan alternatife model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.