Peningkatan hasil belajar tema organ gerak hewan dan manusia melalui model inquiry berbantuan media gambar berseri pada siswa kelas v sd 1 burikan kudus
Main Author: | Mustikawati, Ericha |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/13631/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/13631/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/13631/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/13631/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/13631/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/13631/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/13631/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/13631/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/13631/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan memaparkan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola kelas, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui model Inquiry berbantuan media gambar berseri dalam pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Sosial tema 1 “Organ Gerak Hewan dan Manusia” subtema 2 “Manusia dan Lingkungan” dan subtema 3 “Lingkungan dan Manfaatnya” di kelas V SD 1 Burikan Kudus. Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai oleh seseorang setelah melakukan perubahan belajar baik disekolah maupun di luar sekolah. Model Inquiry adalah model pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa dalam menemukan konsep materi berdasarkan permasalahan yang diajukan. Media gambar berseri adalah merupakan sejumlah gambar yang menggambarkan suasana yang sedang diceritakan dan menunjukkan adanya kesinambungan antara gambar yang satu dengan lainnya. Penelitian tindakan kelas dilakukan di kelas V SD 1 Burikan Kudus dengan subjek penelitian 11 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan setiap siklusnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, unjuk kerja, dan tes. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penerapan model inquiry berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari prasiklus, siklus I dan siklus II pada aspek kognitif prasiklus memperoleh persentase 57% (rendah) kemudian pada Siklus I meningkat menjadi 65,21% (kurang). Siklus II memperoleh 86,96% (baik). Sehingga siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 65,07% (kurang) dan siklus II meningkat 85,12% (tercapai). Keterampilan guru yang menunjukkan siklus I memperoleh persentase 77% (cukup) dan siklus II meningkat menjadi 85% (tercapai).