Peningkatan hasil belajar kognitif siswa Dengan model numbered head together Pada tema 5 pahlawanku kelas iv Sd 1 wergu wetan kudus
Main Author: | Prakoso, Dika Unggul |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/13629/1/Hal.Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/13629/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/13629/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/13629/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/13629/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/13629/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/13629/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/13629/8/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/13629/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Noumbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema 5 siswa kelas IV SDN 1 Wergu Wetan tahun pelajaran 2019/2020, (2) mendeskripsikan penerapan model Numbered Head Together dalam meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran Tema 5 siswa kelas IV SDN 1 Wergu Wetan tahun pelajaran 2019/2020 Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD N 1Wergu Wetan dengan subjek penelitian ini adalah 34 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Variabel bebas adalah model Pembelajaran Numberred Head Together (NHT) , sedangkan variabel terikatnya adalah Hasil Belajar Siswa Tema 5 siswa kelas IV SDN 1Wergu Wetan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode tes, metode observasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan pada siswa dan ketrampilan guru, yakni (1) hasil belajar aspek pengetahuan siswa, pada siklus I muatan IPS ketuntasan siswa memperoleh 59% dan muatan Bahasa Indonesia memperoleh 63% meningkat pada siklus II persentase ketuntasan siswa pada muata IPS memperoleh 76% dan muatan Bahasa Indonesia memperoleh 79%. (2) Ketrampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh skor 159 persentase 79,5% dengan kriteria baik mengalami peningkatan pada siklus yang II memperoleh skor 200 dengan persentase 85,34% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numberred Head Together dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar pada Tema 5 sub tema 2 “Pahlawanku Kebanggaanku” kelas IV SD Negeri 01 Wergu Wetan Kudus. Penelitian menyarankan supaya guru lebih inovatif dalam melakukan pembelajaran dengan berbagai model dan media pembelajaran.