Pengaruhteknik survey question read reflect recitereview (sq4r) dan teknik skema terhadap kemampuan membaca pemahaman matapelajaran bahasa indonesia pada siswa sd negeri kelas iii Di kecamatan karanganyar demak
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh TeknikSurvey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dan Teknik Skema terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri di Karanganyar Demak. Teknik sampling dengan purposive sampling. Besar sampel sebanyak 40 responden di SDN Undaan Kidul I dan 40 responden di SDN Cangkring B. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik Analisa data menggunakan uji paired t Test dan Mann Whitney. Hasil penelitian mendapatkan skor sebelum tindakan SQ4R adalah 32,5% dengan kategori belum tuntas dan 67.5% kategori tuntas. Tahap posttest mendapatkan skor 87,92% dengan kategori baik (tuntas). Pada tindakan Skema mendapatkan skor sebelum tindakan 37,5% dalam kategori belum tuntas dan 62,5% kategori tuntas. Pada tahap posttest mendapatkan skor 80,75% dengan kategori baik (tuntas). Hasil uji Paired Samples T Test untuk tindakan SQ4R mendapatkan nilai p 0,004 dan pada skema (p 0,001) sehingga menunjukkan adanya pengaruh TeknikSurvey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dan Skema terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil analisa Mann Whitney didapatkan p 0,000, yang menunjukkan adanya perbedaan pengaruh TeknikSurvey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dan Teknik Skema terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia.