Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara motivasi belajar dalam menghadapi ujian nasional pada siswa laki-laki dan perempuan di SMP NU Al-Ma’ruf. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Laki-laki dan Siswa Perempuan kelas IX yang menghadapi Ujian Nasional di SMP NU Al-Ma’ruf. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat pengumpulan data adalah skala motivasi belajar dan skala kecemasan. Kedua skala tersebut menggunakan skala likert yang dimodifikasi menjadi 4 alternatif pilihan jawaban. Adapun metode analisis data menggunakan teknik uji-t. Hasil hipotesis mayor diperoleh signifikansi dengan koefisien sebesar 0,138 (p>0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara motivasi belajar dan kecemasan dalam menghadapi ujian nasional pada siswa laki-laki dan perempuan. Hipotesis minor 1 menunjukkan hasil uji t (t-test) variabel motivasi belajar diperoleh Mean pada perempuan sebesar 99,20 dan t sebesar 1,505 sedangkan Mean pada laki-laki sebesar 94,83 dan t sebesar 1,505. Sesuai dengan hipotesis minor yang telah diajukan yakni tidak ada perbedaan antara motivasi belajar laki-laki dan perempuan maka dari itu hipotesis yang diajukan ditolak. Hipotesis minor 2 menunjukkan hasil uji t (t-test) dari variabel kecemasan diperoleh Mean pada perempuan sebesar 40,17 dan t sebesar 1,985 . Sedangkan Mean pada laki-laki sebesar 37,87 dan t sebesar 1,985. Sesuai dengan hipotesis minor yang telah diajukan yakni tidak ada perbedaan kecemasan laki-laki dan perempuan maka dari itu hipotesis minor 2 yang diajukan ditolak.