Penerapan model contextual teaching and learning berbantuan gambar cerita untuk meningkatkan prestasi belajar siswa tema indahnya kebersamaan muatan bahasa indonesia dan ppkn kelas iv Sd 1 kaliwungu kudus

Main Author: Husna, Hafidhotul
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/13591/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13591/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13591/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13591/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13591/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13591/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13591/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13591/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13591/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan memaparkan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola kelas, meningkatkan aktivitas siswa dan prestasi siswa melalui model contextual teaching and learning berbantuan media gambar cerita dalam pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia dan PPKn tema 1 “Indahnya Kebersamaan” subtema 1 “Keragaman Budaya Bangsaku” dan subtema 2 “Kebersamaan dalam Keberagaman” di kelas IV SD 01 Kaliwungu Kudus. Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai oleh seseorang setelah melakukan perubahan belajar baik disekolah maupun di luar sekolah. Penelitian ini menggunakan model contextual teaching and learning, merupakan proses mengaktifkan pengetahuan yang sudah ada, artinya apa yang akan dipelajari tidak terlepas dari pengetahuan yang sudah dipelajari, dengan demikian pengetahuan yang akan diperoleh siswa adalah pengetahuan yang utuh yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Selain itu ditunjang dengan media gambar cerita. Penelitian ini menggunakan model contextual teaching and learning dengan menggunakan media gambar cerita. Penelitian tindakan kelas dilakukan di kelas IV SD 01 Kaliwungu Kudus dengan subjek penelitian 30 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan setiap siklusnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, unjuk kerja dan tes. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penerapan model contextual teaching and learning berbantuan media gambar cerita dapat meningkatkan keterampilan guru yang menunjukkan persentase sebesar 80% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil aktivitas belajar siswa menunjukkan persentase sebesar 75% dengan kriteria “tercapai”. Hasil prestasi belajar siswa menunjukkan persentase sebesar 87% dengan kriteria “tercapai”.