Pengembangan media e book interaktif pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan sikap kewirausahaan siswa sekolah dasar di kabupaten demak
Main Author: | Murniati, Sri |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/13581/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/13581/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/13581/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/13581/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/13581/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/13581/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/13581/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/13581/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/13581/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/13581/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis media e book interaktif pada pembelajaran tematik, untuk menyusun desain pengembangan media e book interaktif pada pembelajaran tematik, dan untuk menerapkan efektifitas media e book interaktif pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan sikap kewirausahaan siswa sekolah dasar di Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan research and development Brog and Gill dengan langkah yaitu: 1) Studi Pendahuluan; 2) Studi Pengembangan dan Validasi Model; 3) Uji Lapangan; 4) Diseminasi dan Sosialisasi. Pelaksanaan uji coba dilakukan pada 87 siswa Kelas VI di SDN Purwosari 1, dan SDN Bedono 2 sebagai kelas eksperimen dan 103 siswa kelas VIdi SDN Karangasem 1 dan SDN Kalisari 3 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, tes, wawancara. Data hasil validasi dianalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor dengan bantuan aplikasi SPSS 23.0. Data keefektifan media e book interaktif dianalisis dengan uji t pada taraf signifikansi 0,05 . Desain media pembelajaran yang dikembangkan berupa media Pembelajaran terbukti valid karena jumlah skor yang diperoleh dari 4 orang validator masing-masing 52, 25,20 dan 51 kriteria skor valid. Penggunaan pembelajaran efektif membangun sikap kewirausahaan yang terbukti dari peningkatan hasil belajar. Rata-rata persentase posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen adalah hampir sama, yaitu 28,35 kelas kontrol dan 29,43 kelas eksperimen. Setelah diberikan intervensi, rata-rata posttest siswa pada kelas kontrol dan eksperimen meningkat menjadi 36,38 dan 37,49. Hasil uji t diperoleh hasil t hitung > t tabel, yaitu 11,036 > 1,969 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikansi 0,012< α = 0,05. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar siswa lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Persentase respon positif yang diberikan guru dan siswa masing-masing adalah 95,2% dan 98,7% dari kriteria minimal 75,01%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media e book interaktif pada pembelajaran tematik, dapat digunakan dalam pembelajaran siswa kelas VI tema 5 dan dapat meningkatkan sikap kewirausahaan siswa sekolah dasar.