Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas III SD 1 Tumpangkrasak Kudus dengan subjek penelitian 29 siswa yaitu diantaranya 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian akan dilaksanakan selama dua siklus, Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu hasil belajar dan variabel bebas yaitu model Think Pair Share dengan bantuan media Pop Up. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara untuk memproleh data awal, observasi untuk memperoleh data keterampilan siswa, tes untuk memperoleh data nilai siswa, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas peningkatan hasil belajar siswa melalui model Think Pair Share berbantuan media Pop Up, siklus I aspek pengetahuan metematika rata-rata nilai klasikal 74,20, sedangkan aspek pengetahuan PPKn 73,31, aspek sikap 51,37 dan keterampilan matematika 62,41, keterampilan PPKn 65,80. Pada siklus II meningkat dengan aspek pengetahuan matematika rata-rata nilai klasikal 83, sedangkan aspek pengetahuan PPKn 83,03, aspek sikap 84,13 dan aspek keterampilan Matematika mencapai 83 dan keterampilan PPKn mencapai nilai klasikal 83,47 Keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 71,25 dan pada siklus II mencapai 83,75. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model Think Pair Share berbantuan media Pop Up guru lebih inovatif dalam meningkatkan partisipasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas III SD 1 Tumpangkrasak Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think pair Share berbantuan media Pop Up dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan PPKn dan Matematika.