Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola pendidikan di tk al amin jepang mejobo kudus
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana Kepemimpinan Kepala Sekolah di TK Al Amin dan mendeskripsikan Bagaimana Pengelolaan Pendidikan di TK Al Amin Jepang Mojobo Kudus Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil Latar di TK Al Amin Jepang Mejobo Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data pemeriksaan keabsahan data dengan cara triangulasi serta dikombinasikan dengan teori Hasil penelitian menunjukan Kepemimpinan kepala sekolah di TK Al- Amin mempunyai profil kepribadian sikap yang ramah hangat baik sopan tegas berwibawa santun harmonis selalu mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi dan tidak pernah membeda-bedakan dan menganggap semuanya seperti keluarga, terlebih menggunakan pendekatan untuk meningkatkan kinerja guru. Di dalam pengelolaannya kepala sekolah TK Al Amin sudah menerapkan sistem perencanaan yang matang seperti halnya persiapan untuk membuat suatu keputusan, pengorganisasian juga bagus seperti proses kerjasama antar tim sangat kompak dan juga mampu berperan sebagai staff karena beliau memiliki kualitas umum kepemimpinan serta pandai menyesuaikan diri. Akan tetapi dalam mengevaluasi masih terdapat kekurangan sedikit itu pun tidak jadi kendala dalam mewujudkan sekolah yang maju. Kesimpulan penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah TK Al-Amin Jepang Mejobo mampu bersikap ramah sopan dan tegas dan tidak membeda-bedakan serta memiliki sikap kekeluargaan. Didalam pengelolaannya kepala sekolah juga mampu menerapkan sistem perencanan yang matang seperti persiapan dalam membuat keputusan,serta pengorganisasian yaitu kerjasama yang kompak,dan pandai menyesuaikan diri meskipun terdapat kekurangan dalam mengevaluasi.