Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dengan model STAD dan peningkatan kerjasama siswa pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia melalui penerapan model STAD berbantuan media gambar di SD 2 Kandangmas tema 1 Indahnya Kebersamaan. Kerjasama terjadi bila individu atau kelompok mempunyai kesadaran akan tujuan yang sama, sehingga timbul aktivitas yang saling menunjang, membantu untuk bersama-sama. Student Team Achievement Division (STAD) merupakan salah satu strategi pembelajaran koopratif yang didalamnya beberapa kelompok kecil siswa dengan level kemampuan akademik yang berbeda-beda saling bekerjasama untuk menyelesaikan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 2 Kandangmas Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. STAD. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah STAD, sedangkan variabel terikat adalah Kerjasama Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia yang cukup signifikan antara siklus I (68%) dengan kriteria perlu bimbingan dan siklus II (79%) dengan kriteria cukup, kerjasama siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I (40%) dengan kriteria perlu bimbingan dan siklus II yaitu (75%) dengan kriteria cukup. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV di SD 2 Kandangmas Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan guru dan kerjasama siswa pada tema indahnya kebersamaan muatan IPS dan Bahasa Indonesia.