PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA ULTAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 9 SD 1 GONDANGMANIS
Main Author: | FATMAWATI, LENI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/13315/1/COVER.pdf http://eprints.umk.ac.id/13315/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/13315/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/13315/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/13315/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/13315/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/13315/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/13315/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/13315/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Talk Writeberbantuan media ULTAS. dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema benda-benda di sekitar kita kelas V SD 1Gondangmanis. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang terjadi dalam diri siswa mengenai beberapa aspek yang harus di ukur yaitu pengetahuan (kognitif), aspek sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Model pembelajaran Think Talk Write model pembelajaran ini dimulai dengan berpikir melalui bahan bacaan (menyimak, mengkritisi, dan alternative solusi), hasil bacaannya dikomunikasikan dengan presentasi, diskusi, dan kemudian buat laporan hasil presentasiā. mencari sendiri materi pada buku ajar dan hasil akhir adalah membuat laporan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan. Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD 1 Gondangmanis kecamatan Bae kabupaten Kudus yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, Tes diuji validitasnya dengan menggunakan validitas expert judgement. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis daya kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan klasikal hasil belajar Bahasa Indonesia pada prasiklus sebesar 74.43% dan meningkat lagi pada siklus 1 sebesar 78.12% kemudian meningkat lagi pada siklus 2 sebesar 81.77% . Sedangkan pelajaran IPS pada prasiklus klasikal sebesar 69.25% kemudian pada siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 74.43% setelah itu mengalami peningkatan lagi sebesar 81.64% pasa siklus 2 . Pada ranah keterampilan. muatan Bahasa Indonesia siklus 1 sebesar 75% meningkat pada siklus II sebesar 84% sedangkan IPS di peroleh siklus I sebesar 75% menjadi 84% pada siklu II . Keterampilan guru dalam mengelola kelas mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 72% menjadi 92% pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola kelas mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 70% menjadi 98 % pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Talk Write dengan media ultas dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dan IPS ranah pengetahuan dan keterampilan siswa kelas V SD 1 Gondangmanis dan keterampilan mengajar guru.