Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara rasa syukur dan dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis guru PAUD. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAUD di Kecamatan Mayong yang berjumlah 143 guru PAUD. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Alat pengumpulan data adalah skala ras syuur, skala dukungan sosial dan skala kesejahteraan psikologis, ketiga skala tersebut menggunakan skala likert yang dimodifikasi menjadi 4 alternatif pilihan jawaban. Adapun metode analisis data menggunakan analisis regresi dua prediktordan product moment dengan bantuan program SPSS 15,0 for windows. Hasil hipotesis mayor diperoleh rx12y = 0,810 ; p = 0,000 (p˂0,01). Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara rasa syukur dan dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada guru PAUD dengan sumbangan efektif sebesar 65,6%. Hipotesis minor pertama diperoleh rx1y = 0,755; p = sebesar 0,000 (p<0,01) berarti ada hubungan positif antara rasa syukur dan kesejahteraan psikologis pada guru PAUD. Sedangkan hipotesis minor kedua diperoleh rx2y = 0,784; p = 0,000 (p<0,01) berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada guru PAUD dengan sumbangan efektif 61,5%.