Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk(1) menguji perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarmenggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media pabadadan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, (2) menguji kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media pabada dapat mencapai KKM atau belum, (3) mengukur peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis sesudah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media pabada. Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah salah satu tujuan penting dalam pembelajaran, memberikan pengertian bahwa materi-materi yang diajarkan kepada siswa bukan hanya sebagai hafalan, namun lebih dari itu dengan pemahaman siswa dapat lebih mengerti akan konsep materi pelajaran itu sendiri. Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang merupakan salah satu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk mencari dan menemukan pengetahuannya sesuai dengan kemampuannya sendiri, sehingga kemampuan siswa dalam memahami konsep dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan desain bersifat quasi eksperimental design dengan bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent pretest-posttest control design. Sampel dalam penelitian ini yaitu SD N 1 Sidorekso dengan kelas IV A berjumlah 19 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik puposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunkan dokumentasi, wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analissi data tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata serta analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learningberbantuan media pabada lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media pabada lebih tinggi dari 65 (3) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.