ctrlnum 13134
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/13134/</relation><title>&#x201C;Peningkatan hasil belajar siswa melalui model teams games tournament (tgt) berbantuan media puzzle temacita-citaku kelas iv sd 1 mejobo&#x201D;</title><creator>KRISETYONINGRUM, INDRI</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan media puzzle pada tema cita-citaku subtema aku dan cita-citaku pada muatan IPS dan PPKn dengan materi sumber daya alam dan kerjasama dalam keberagaman meraih cita-cita dikelas IV SD 1 Mejobo Kudus.&#xD; Model Teams Games Tournament adalah model yang dilakukan dengan berkompok, berkompetisi dan penghargaan dikhir pembelajaran. Hasil belajar adalah perubahan pola pikir dan perilaku karena adanya pengetahuan. Media puzzle merupakan media yang digunakan dengan cara bongkar pasang sehingga memiliki makna. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajarsiswa melalui model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media puzzle pada tema Cita-citakuguna meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada muatan IPS dan PPKn kelas IV SD 1 Mejobo Kudus. &#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Mejobo dengan jumlah 27 siswa. Penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak dua. Penelitian ini melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model pembelajaran TGT dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes evaluasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan peningkatan hasil belajar di ranah pengetahuan, siklus I muatan IPS sebesar 70,74 dan meningkat disikuls II sebesar 80,3. Sedangkan pada muatan PPKn diperoleh hasil 71,48 di siklus I dan 81 disiklus II. Peningkatan hasil ranah sikap diperoleh rata-rata 74 dengan kualifikasi cukup pada siklus I dan 85 dengan kualifikasi baik disiklus II. Peningkatan hasil belajar ranah keterampilan diperoleh hasil sebanyak 75 dengn kualifikasi cukup, sedangkan siklus II diperoleh hasil 86 dengan kualifikasi baik. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 81dan meningkat pada siklus II sebesar 88 dengan kualifikasi baik.&#xD; Kesimpulan peneitian ini adalah peningkatan hasi belajar pada ranah pengetahuan, sikap dan keteampilan serta meningkanya keterampilan guru Peneliti menyarankan hendaknya dalam melaksanakan proses pembelajaran melakukan model pembelajaran yang inovatif dengan cara berkelompok pada siswa kelas IV SD 1 Mejobo. Sehingga proses pembelajaran berlangsung menyenangkan.</description><date>2020</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13134/1/01.%20HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13134/2/02.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13134/3/03.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13134/4/04.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13134/5/05.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13134/6/06.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13134/7/07.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13134/8/08.%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> KRISETYONINGRUM, INDRI (2020) &#x201C;Peningkatan hasil belajar siswa melalui model teams games tournament (tgt) berbantuan media puzzle temacita-citaku kelas iv sd 1 mejobo&#x201D;. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>13134</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author KRISETYONINGRUM, INDRI
title “Peningkatan hasil belajar siswa melalui model teams games tournament (tgt) berbantuan media puzzle temacita-citaku kelas iv sd 1 mejobo”
publishDate 2020
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/13134/1/01.%20HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13134/2/02.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13134/3/03.%20BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13134/4/04.%20BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13134/5/05.%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13134/6/06.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13134/7/07.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13134/8/08.%20LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13134/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan media puzzle pada tema cita-citaku subtema aku dan cita-citaku pada muatan IPS dan PPKn dengan materi sumber daya alam dan kerjasama dalam keberagaman meraih cita-cita dikelas IV SD 1 Mejobo Kudus. Model Teams Games Tournament adalah model yang dilakukan dengan berkompok, berkompetisi dan penghargaan dikhir pembelajaran. Hasil belajar adalah perubahan pola pikir dan perilaku karena adanya pengetahuan. Media puzzle merupakan media yang digunakan dengan cara bongkar pasang sehingga memiliki makna. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajarsiswa melalui model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media puzzle pada tema Cita-citakuguna meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada muatan IPS dan PPKn kelas IV SD 1 Mejobo Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Mejobo dengan jumlah 27 siswa. Penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak dua. Penelitian ini melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model pembelajaran TGT dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes evaluasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan peningkatan hasil belajar di ranah pengetahuan, siklus I muatan IPS sebesar 70,74 dan meningkat disikuls II sebesar 80,3. Sedangkan pada muatan PPKn diperoleh hasil 71,48 di siklus I dan 81 disiklus II. Peningkatan hasil ranah sikap diperoleh rata-rata 74 dengan kualifikasi cukup pada siklus I dan 85 dengan kualifikasi baik disiklus II. Peningkatan hasil belajar ranah keterampilan diperoleh hasil sebanyak 75 dengn kualifikasi cukup, sedangkan siklus II diperoleh hasil 86 dengan kualifikasi baik. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 81dan meningkat pada siklus II sebesar 88 dengan kualifikasi baik. Kesimpulan peneitian ini adalah peningkatan hasi belajar pada ranah pengetahuan, sikap dan keteampilan serta meningkanya keterampilan guru Peneliti menyarankan hendaknya dalam melaksanakan proses pembelajaran melakukan model pembelajaran yang inovatif dengan cara berkelompok pada siswa kelas IV SD 1 Mejobo. Sehingga proses pembelajaran berlangsung menyenangkan.
id IOS3090.13134
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:09:38Z
last_indexed 2023-02-26T07:09:38Z
recordtype dc
_version_ 1765996421484380160
score 17.13294