ctrlnum 13100
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/13100/</relation><title>Peningkatan hasil belajar melalui modelthink pair share berbantuan media kartu bergambar pada tema 4 berbagai pekerjaan kelasiv Sd 1 mijenkudus</title><creator>ANGGRAENI, HANINA</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mendeskripsikan peningkatkan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran melalui model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media kartu bergambar pada tema 4 Berbagai Pekerjaan siswa kelas IV SD 1 Mijen. (2)Mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran melalui model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media kartu bergambar pada tema 4 Berbagai Pekerjaan siswa kelas IV SD 1 Mijen.&#xD; Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah terjadinya proses pembelajaran. Model pembelajaran Think Pair Share adalah model pembelajaran kooperatif yang memiliki waktu tunggu guna memancing siswa untuk merespon hal tersebut dapat mempengaruhi pola interaksi siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar yangdiperoleh.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Mijen dengan subjek penelitian 22 siswa dan guru, yang berlangsung selama dua siklus masing- masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian terdapat peningkatan pada keterampilan mengajar guru pada siklus I 73,35% dengan kriteria &#x201C;baik&#x201D; menjadi 83,5% dengan kriteria &#x201C;baik. dengan peningkatan keterampilan mengajar guru juga berpengaruh kepada hasil belajar siswa pada tema 4 Berbagai Pekerjaan mengalami peningkatan yang cukup signifikan antara lain siklus I pada muatan PPKn 41% dan Bahasa Indoesia 41% , sedangkan siklus II pada muatan PPKn 77,3% dan muatan Bahasa Indonesia 86,4%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model Think Pair Share berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Mijen.&#xD; Berdasarkan pada hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Mijen dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Mijen pada tema 4 Berbagai Pekerjaan. Untuk itu disarankan siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.</description><date>2020</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13100/1/hal.%20judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13100/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13100/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13100/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13100/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13100/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13100/7/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13100/8/Lampiran.pdf</identifier><identifier> ANGGRAENI, HANINA (2020) Peningkatan hasil belajar melalui modelthink pair share berbantuan media kartu bergambar pada tema 4 berbagai pekerjaan kelasiv Sd 1 mijenkudus. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>13100</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ANGGRAENI, HANINA
title Peningkatan hasil belajar melalui modelthink pair share berbantuan media kartu bergambar pada tema 4 berbagai pekerjaan kelasiv Sd 1 mijenkudus
publishDate 2020
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/13100/1/hal.%20judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13100/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13100/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13100/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13100/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13100/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13100/7/Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13100/8/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13100/
contents Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mendeskripsikan peningkatkan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran melalui model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media kartu bergambar pada tema 4 Berbagai Pekerjaan siswa kelas IV SD 1 Mijen. (2)Mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran melalui model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media kartu bergambar pada tema 4 Berbagai Pekerjaan siswa kelas IV SD 1 Mijen. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah terjadinya proses pembelajaran. Model pembelajaran Think Pair Share adalah model pembelajaran kooperatif yang memiliki waktu tunggu guna memancing siswa untuk merespon hal tersebut dapat mempengaruhi pola interaksi siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar yangdiperoleh. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Mijen dengan subjek penelitian 22 siswa dan guru, yang berlangsung selama dua siklus masing- masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada keterampilan mengajar guru pada siklus I 73,35% dengan kriteria “baik” menjadi 83,5% dengan kriteria “baik. dengan peningkatan keterampilan mengajar guru juga berpengaruh kepada hasil belajar siswa pada tema 4 Berbagai Pekerjaan mengalami peningkatan yang cukup signifikan antara lain siklus I pada muatan PPKn 41% dan Bahasa Indoesia 41% , sedangkan siklus II pada muatan PPKn 77,3% dan muatan Bahasa Indonesia 86,4%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model Think Pair Share berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Mijen. Berdasarkan pada hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Mijen dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Mijen pada tema 4 Berbagai Pekerjaan. Untuk itu disarankan siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.
id IOS3090.13100
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:09:38Z
last_indexed 2023-02-26T07:09:38Z
recordtype dc
_version_ 1765996421086969856
score 17.13294