Daftar Isi:
  • Permasalahan yang ada di SD 4 Terban yaitu rendahnya hasil belajar siswa baik dari aspek pengetahuan dan juga keterampilan. hal ini dikarenakan siswa masih cenderung pasif dalam proses belajar mengajar, siswa kurang antusias dalam pengerjaan soal matematika yang bentuk cerita serta guru cenderung konvensional dalam penyampaian materi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengajar guru kelas V SD 4 Terban, (2) untuk mengetahui keterampilan proses siswa setelah diterapkannya model pembelajaran TGT berbantuan media GALAMA di kelas V SD 4 Terban, (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam materi pecahan melalui pendekatan TGT berbantuan GALAMA di kelas V SD 4 Terban Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SD 4 Terban dengan subyek penelitian siswa kelas V dan peneliti sebagai guru. Pada penenelitian ini terdapat empat tahapan yang dibagi menjadi dua siklus. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model TGT dan media GALAMA sedangkan untuk variabel terikat adalah hasil belajar aspek pengetahuan, keterampilan proses siswa serta keterampilan mengajar guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan juga dokumentasi dilakukan untuk memperoleh informasi tentang masalah yang terjadi di tempat tersebut. Sedangkan teknis analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas V di SD N 4 Terban pada siklus I diperoleh skor rata-rata klasikal 68,71 dengan predikat D (perlu bimbing) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata klasikal 75,95 termasuk predikat C (cukup). Keterampilan proses siswa pada siklus I memperoleh rata-rata klasikal 73,53 termasuk dalam predikat C (cukup) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata klasikal 76,44 termasuk kedalam predikat C (cukup). Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,01 dan siklus II memperoleh skor rata-rata 3,15 dengan predikat pengelolaan pembelajaran matematika baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT berbantuan GALAMA dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keterampilan proses siswa kelas V SD N 4 Terban. Diharapkan dalam penerapan TGT guru hendaknya memebrikan bimbingan yang obtimal untuk meningkatkan hasil belajar.