ctrlnum 13069
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/13069/</relation><title>Peningkatan hasil belajar melalui model talking stick berbantuan media kartu bergambar pada tema 4 berbagai pekerjaan siswa kelas iv sd 1 gribig</title><creator>NI&#x2019;MAH, AINUN</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Talking Stick berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Gribig &#xD; Model talking Stickyaitu modelpembelejaran kooperatif dengan bantuan stick.siswa yang memegang stick saat lagu berhenti wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pokoknya. Media kartu bergambar merupakan media visual yang diaplikasikan menjadi sebuah kartu yang didalamnya berisi pertanyaan-pertanyaan. Media kartu bergambar memiliki fungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber informasi ke penerima pesan.&#xD; Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi, Refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas IV SD 1 Gribig yang berjumah 39 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu: tes, wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitataif dan kuantitatif&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa, dapat dilihat dari nilai muatan Bahasa Indonesia pada saat prasiklus yaitu sebesar 60,7 dengan presentase 21%. Siklus 1 nilai rata-rata sebesar 79,7 dengan presentase 77%. Sedangakan siklus II memperoleh nilai rata-rata 83,3 dengan prsentase 92%. pada muatan PPKN saat prasiklus mendapat nilai rata-rata 64 dengan presentase 23%. Siklus 1 nilai rata-rata menjadi 78,5 dengan presentase 82%. Pada siklus II nilai rata-rata 81,7 dengan presentase 92%. Diketahui juga pada ranah afektif saat Prasiklus memperoleh 61,5% Dengan kategori &#x201C;Cukup bimbingan&#x201D;. siklus I memperoleh total presentase rata-rata yaitu 80% dengan kategori &#x201C;Baik&#x201D;. Pada saat siklus II memperoleh total presentase rata-rata sebesar 90% dengan kategori &#x201C;Baik&#x201D;. Pada ranah psikomotorik saat prasiklus memeperoleh 56,4% dengan kriteria &#x201C;Perlu Bimbingan&#x201D;. Siklus I memeperoleh total presentase rata-rata 81% dengan kategori &#x201C;Baik&#x201D;. Siklus II memeperoleh total presentase rata-rata 89,3% dengan kategori &#x201C;Baik&#x201D;. Keterampilan guru dalam mengajar mengalami peningkatan. siklus I total rata-rata yang dipeoleh yaitu sebesesar 88,25% dengan kriteria &#x201C;Baik&#x201D; sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan total rata-rata sebesar 91,25% dengan kriteria &#x201C;Baik&#x201D;.&#xD; Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Talking Stick berbantuan media kartu bergambar dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.</description><date>2020</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13069/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13069/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13069/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13069/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13069/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13069/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13069/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13069/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> NI&#x2019;MAH, AINUN (2020) Peningkatan hasil belajar melalui model talking stick berbantuan media kartu bergambar pada tema 4 berbagai pekerjaan siswa kelas iv sd 1 gribig. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>13069</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NI’MAH, AINUN
title Peningkatan hasil belajar melalui model talking stick berbantuan media kartu bergambar pada tema 4 berbagai pekerjaan siswa kelas iv sd 1 gribig
publishDate 2020
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/13069/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13069/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13069/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13069/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13069/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13069/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13069/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13069/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13069/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Talking Stick berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Gribig Model talking Stickyaitu modelpembelejaran kooperatif dengan bantuan stick.siswa yang memegang stick saat lagu berhenti wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pokoknya. Media kartu bergambar merupakan media visual yang diaplikasikan menjadi sebuah kartu yang didalamnya berisi pertanyaan-pertanyaan. Media kartu bergambar memiliki fungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber informasi ke penerima pesan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi, Refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas IV SD 1 Gribig yang berjumah 39 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu: tes, wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitataif dan kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa, dapat dilihat dari nilai muatan Bahasa Indonesia pada saat prasiklus yaitu sebesar 60,7 dengan presentase 21%. Siklus 1 nilai rata-rata sebesar 79,7 dengan presentase 77%. Sedangakan siklus II memperoleh nilai rata-rata 83,3 dengan prsentase 92%. pada muatan PPKN saat prasiklus mendapat nilai rata-rata 64 dengan presentase 23%. Siklus 1 nilai rata-rata menjadi 78,5 dengan presentase 82%. Pada siklus II nilai rata-rata 81,7 dengan presentase 92%. Diketahui juga pada ranah afektif saat Prasiklus memperoleh 61,5% Dengan kategori “Cukup bimbingan”. siklus I memperoleh total presentase rata-rata yaitu 80% dengan kategori “Baik”. Pada saat siklus II memperoleh total presentase rata-rata sebesar 90% dengan kategori “Baik”. Pada ranah psikomotorik saat prasiklus memeperoleh 56,4% dengan kriteria “Perlu Bimbingan”. Siklus I memeperoleh total presentase rata-rata 81% dengan kategori “Baik”. Siklus II memeperoleh total presentase rata-rata 89,3% dengan kategori “Baik”. Keterampilan guru dalam mengajar mengalami peningkatan. siklus I total rata-rata yang dipeoleh yaitu sebesesar 88,25% dengan kriteria “Baik” sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan total rata-rata sebesar 91,25% dengan kriteria “Baik”. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Talking Stick berbantuan media kartu bergambar dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
id IOS3090.13069
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:09:38Z
last_indexed 2023-02-26T07:09:38Z
recordtype dc
_version_ 1765996420962189312
score 17.13294